Sukses

PODCAST: Diponegoro, Sisi Lain Sang Pangeran

Sebagai bangsawan, Diponegoro juga menerapkan gaya hidup sebagaimana kaum ningrat. Namun karena diasuh diluar istana, maka Diponegoro sangat dekat dengan rakyat.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Antawirya yang dikenal sebagai Pangeran Diponegoro memiliki banyak sisi kehidupan. Sebagai seorang bangsawan, ia sangat memegang prinsip-prinsip ketatanegaraan yang berpihak kepada rakyat. 

Namun tak dapat dipungkiri juga karena pergaulan sebagai bangsawan pula, maka pergaulannya juga harus menyesuaikan dengan gaya hidup bangsawan. Peneliti Peter Carey dalam disertasinya menyebut sejumlah hal yang tak banyak diketahui publik.

Selain itu, sebagai manusia Jawa, Pangeran Diponegoro juga memiliki sejumlah piandel (semacam jimat). Sebuah keris bernama kyai Naga Siluman dan Kyai Bondowoso. Kebiasaan bangsawan keraton yang berpoligami dan juga gaya hidup dengan minum wine yang dianggap hasil kultur non Indonesia.

Namun karena ia diasuh diluar keraton, maka Pangeran Diponegoro juga sangat membumi dan sangat dekat dengan masyarakat awam. Nah bagaimana sisi lain Diponegoro?

Berikut cerita lengkapnya:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.