Sukses

Menyambut HUT RI, Gedung Perundingan Linggarjati Penuh Merah Putih

Semangat tak kenal lelah ditunjukkan para ibu-ibu asal Kabupaten Kuningan untuk membuktikan rasa cinta mereka terhadap tanah air Indonesia

Liputan6.com, Kuningan - Berbagai kegiatan digelar masyarakat dalam menyambut HUT ke-74 RI. Mulai dari menghias kampung hingga menggelar lomba.

Namun, aksi unik dilakukan para emak-emak di Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Mereka menggelar aksi pemasangan 10.001 Bendera Merah Putih.

Ribuan Bendera Merah Putih terpasang di halaman Gedung Perundingan Linggarjati Kabupaten Kuningan Jawa Barat.

Bendera dipasang oleh relawan emak-emak diantara tiang bambu yang sudah dipotong. Tidak sedikit pengunjung mengabadikan momen ini dengan berfoto.

"Kami memulai kegiatan sukarela ini sejak tahun 2016. Perlahan tapi pasti jumlah bendera yang terkumpul sampai tahun ini ada sekitar 6000," kata Penggagas Gebyar 10.001 Bendera Merah Putih Hana Nining, Kamis (15/8/2019).

Bendera tersebut didapatkan dari sumbangan warga maupun pinjaman. Hana mengatakan, pengibaran ribuan bendera tersebut dipasang langsung oleh relawan emak-emak lainnya.

Pengibaran Bendera Merah Putih tersebut sebagai sebagai upaya meningkatkan rasa nasionalisme pengunjung yang datang ke gedung bersejarah itu.

"Agar masyarakat semakin kuat dalam mencintai tanah air. Ini juga bagian dari edukasi ke masyarakat," ujar dia.

Nining menjelaskan, jumlah 10.001 Bendera Merah Putih tersebut sebagai simbol Bhineka Tunggal Ika.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungan Wisata

Hingga tahun 2019 ini, sekitar 6500 bendera berhasil dikumpulkan Nining. Dia mengaku tidak mematok jumlah bendera yang terpasang tiap tahunnya.

"Tahun ini selain bendera ada simbolis tanda tangan pengunjung dan bahkan cap darah sebagai simbol cinta tanah air dan NKRI harga mati," ujar dia.

Dia menyebutkan, pemasangan 10.001 Bendera Merah Putih di Gedung Perundingan Linggarjati karena merupakan tempat bersejarah.

Gedung tersebut menjadi saksi semangat pejuang Indonesia untuk merdeka. Gedung tersebut merupakan tempat tercetusnya kesepakatan dan pengakuan terhadap kemerdekaan Indonesia.

Pengelola Gedung Perundingan Linggarjati Sukardi mengaku pemasangan ribuan Bendera Merah Putih tersebut akan berimbas kepada kunjungan wisata.

"Ada kenaikan jumlah wisatawan kalau ada pemasangan bendera karena lebih berwarna," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.