Pendiri Jayagiri Outdoors Vanguard Meninggal Dunia

Oleh Huyogo Simbolon pada 16 Agu 2019, 00:16 WIB
Pendiri Jayagiri Outdoors Vanguard, Dody Djatmika Kasoem

Liputan6.com, Bandung Kabar duka datang dari dunia pendakian alam bebas. Pendiri Jayagiri Outdoors Vanguard, Dody Djatmika Kasoem (61) meninggal dunia pada Kamis (15/8/2019) di Bandung, Jawa Barat.

Kabar meninggalnya Dody disampaikan melalui akun Instagram perusahaan outdoor asal Bandung itu sekitar pukul 22.30.

"Innalillahi wa innaillaihi raji'un, telah berpulang ke Rahmatullah orangtua kami, bapak kami, founder Jayagiri Outdoors Vanguard pukul 19.30 WIB mohon dimaafkan lahir & batin," tulis akun @jayagiriputdoors.

Selain itu, akun Twitter resmi Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (PP FPTI) juga turut menyampaikan kabar duka tersebut.

"Telah berpulang ke Rahmatullah, Dody Djatmika Kasoem pada 15 Agustus 2019, pukul 19.46 WIB. Semoga segala amal dan ibadah diterima di sisi Allah SWT, serta keluarga yg ditinggalkan diberi ketabahan. Alm sangat berjasa pada pengembangan olahraga panjat tebing di Indonesia," tulis akun @fpti_official.

Kabar meninggal tersebut dibenarkan rekan Dody, yang merupakan pemanjat profesional Hari Suliztiarto. Menerima kabar tersebut, Hari langsung menuju rumah duka.

"Iya, saya tadi dapat info dari Whatsaap pemanjat tebing. Sepulang dari bengkel, saya ke rumah lalu bersama istri langsung melayat ke rumah duka," kata Hari saat dihubungi Liputan6.com.

Sebagai sesama rekan yang berkecimpung di dunia panjat tebing, Hari mengaku sangat kehilangan sosok Dody. Di mata sang rekan, Dody adalah sosok senior yang tetap menghormati orang baru.

"Dia yang mendorong saya untuk ikut panjat tebing. Saya juga pernah menjadi teknisi waktu beliau presentasi perlengkapan untuk ABRI. Beliau juga memberi beasiswa ice climbing di Swiss kepada saya," kata Hari.

Sementara itu, pemanjat tebing dan pendaki gunung Mamay Salim menuturkan, rencana almarhum dikebumikan Jumat pada pukul 10.00 WIB.

"Berangkat dari rumah duka jam 08.00 menuju Masjid Raya Madina-Antapani. Pemakamannya di Rancacili Gedebage Bandung," ujar Mamay.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, almarhum Dody meninggal karena sakit. "Yang saya dengar katanya bulan lalu habis operasi di kepalanya, terus beliau itu diabet sempat dirawat di RS Santosa Bandung," kata Mamay.

Dody Djatmika Kasoem merupakan pelopor dan pendukung ekspedisi pemanjatan dan pendakian di indonesia sejak tahun 70an. Selain itu, dia juga tercatat sebagai anggota senior Wanadri dengan nomor anggota 135 AR. Sedangkan di Skygers, dia merupakan alumnus angkatan ke-3 tahun 1983.

Almathum Dody merupakan pendiri Jayagiri Outdoors Vanguard, yang pertama melakukan produksi pada 1978, dan mengelola Jayagiri hingga 1994. Bagi yang cukup lama tinggal di Bandung bakal mengenalnya. Sebab, merek sandal dody sudah ada sejak 1980 dan sempat menjadi produk wajib para pecinta alam.

Simak video pilihan di bawah ini: