Upacara-Upacara Unik HUT Kemerdekaan RI di Yogyakarta

Oleh Yanuar H pada 16 Agu 2019, 01:00 WIB
Upacara Unik di Samudra

Liputan6.com, Yogyakarta - Memperingati 17 Agustus selalu banyak yang berbeda tanpa meninggalkan nilai dan perjuangan. Seperti di Daerah Istimewa Yogyakarta peringatan 17 Agustus 2019 diwarnai dengan upacara unik HUT RI dengan Pengibaran Sang Saka Merah Putih di laut dan di sungai.

"Ada, tanggal 17 pukul 10.00 WIB pengibaran bendera di samudra," kata Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunung Kidul Marjono kepada Liputan6.com Rabu (14/8/2019).

Seperti biasa, acara yang digelar oleh SAR Satlinmas Gunung Kidul ini akan menggunakan Pantai Baron untuk upacara di samudra. Pantai Baron menjadi saksi peringatan upacara unik di Yogyakarta tahun ini.

"Ada seperti biasa nanti Irup Kasat Pol PP DIY drs Noviar," kata

Marjono mengatakan berbagai persiapan sudah dilakukan untuk peringatan 17 Agustus 2019 di Pantai Baron. Berdasarkan pengalaman, ratusan peserta selalu mengikuti upacara pengibaran bendera di Samudra ini.

"Ini sudah yang ke 7 tahun ini," katanya.

Marjono mengatakan bagi yang berminat untuk mengikuti upacara di samudra ini dapat memberikan konfirmasi sebelum tanggal 16 Agustus 2019. Bagi yang akan mengikuti pasukan pengibaran bendera wajib membawa baju pelampung.

"Pendaftaran Upacara Unik HUT RI di Posko Sar Pantai Baron. Mengikuti technikal meeting pukul 07.30 WIB," katanya.

 

2 of 2

Upacara 17-an di Sungai Winongo

Upacara Unik di Samudra
Upacara Unik di Samudra yang dilaksanakan di pantai Baron ini menjadi gelaran tahunan. Setiap tahun ratusan peserta mengikuti upacara ini (SAR Satlinmas)

Selain di laut atau samudra upacara bendera juga digelar di Sungai Winongo. Sungai yang berada di sebelah barat Kali Code ini berencana juga menjadi tempat upacara bendera memperingati 17 Agustus 2019 di sungai Winongo.

"Tanggal 17 kita rencana mau buat upacara di sungai trus lanjut merti kali. Di titik 3 FKWA. Tanggal 24- 25 Agustus 2019 kami ada acara Jambore Sungai 4 di Laguna Depok Bantul Tema jamsung ke 4 " sungai kita wajah kita," kata Ketua Forum Komunikasi Winongo Asri (FKWA) DIY Endang Rohjiani.

Endang mengatakan upacara di Sungai Winongo ini merupakan kali pertama digelar oleh FKWA DIY. Lokasi upacara di tengah sungai dekat sekretariat FKWA DIY.

"Ini bagi kami yang pertama. Ini sekalian sama memperingati 10 tahun FKWA. Biar kita semakin menyatu dengan sungai, karena habis upacara kita lanjutkan dengan bersih sungai,"katanya.

Rencananya upacara bendera unik di Yogyakarta ini akan dihadiri sekitar 60 orang dari pecinta lingkungan sungai hingga masyarakat sekitar. Upacara bendera yang digelar di Sungai Winongo ini akan dilaksanakan tepat pukul 07.00 WIB.

"Rencana inspektur upacara Kalak BPBD Kota Yogyakarta," katanya.

Lanjutkan Membaca ↓