Sukses

Turis Ceko Lecehkan Tempat Suci di Bali, Gubernur Koster: Pulangin Aja!

Gubernur Bali, Wayan Koster, angkat bicara soal pelecehan dua orang turis Ceko terhadap air suci di Bali.

Bali - Video turis Ceko cebok dengan air suci di kawasan Monkey Forest, Bali, mendadak viral dan dibicarakan banyak orang. Gubernur Bali, Wayan Koster, turut angkat bicara.

Menurut Koster, walaupun desa pakraman setempat menyatakan permasalahan sudah selesai, baginya masalah ini belum selesai.

Ia menyebut ada potensi kejadian serupa berpeluang kembali terjadi. "Dengan dikompromikan begitu saja, lantas disuruh guru piduka atau apa, minta maaf, di situ selesai. Tapi, buat saya ini belum selesai," kata Gubernur Koster dikutip Jawapos, Rabu (14/8/2019)

Menurut Koster, kalau ada wisatawan yang melakukan pelecehan tempat suci seperti itu lebih baik langsung dipulangkan.

Tindakan sama juga berlaku untuk bentuk pelanggaran lain yang dilakukan wisatawan asing di Bali. "Pulangin aja dia, sudah tidak tertib datang ke Bali. Kita akan warning begitu," tegasnya. 

Sebelumnya, dua orang turis Ceko atas nama Zdenek Slauka dan Sabina Delezalova melakukan aksi pelecehan terhadap air yang dianggap suci bagi warga Bali. Keduanya terlihat cebok menggunakan air suci tersebut. Parahnya, aksi tersebut direkam ke dalam video dan disebarkan ke media sosial.

Baca juga berita Jawapos.com lainnya di sini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.