Bikin Melek, Sarapan Pagi dengan Satai Rica Bawang Khas Gorontalo

Oleh Arfandi Ibrahim pada 14 Agu 2019, 06:00 WIB
Mengenal Olahan Satai Rica Bawang Saat Idul Adha di Gorontalo

Liputan6.com, Gorontalo - Jika Anda berkunjung ke Provinsi Gorontalo saat Hari Raya Idul Adha, tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner yang satu ini. Olahan daging sederhana ini dinamakan dengan satai rica bawang.

Kuliner yang satu ini sedang naik daun di kalangan traveler yang hendak mengunjungi keluarganya saat Hari Raya Idul Adha. Memang cukup sederhana, kuliner berupa tusukan daging sapi maupun kambing ini disiram dengan sambal yang pedas.

Alih-alih menggunakan daging ayam, satai ini justru menggunakan daging sapi dan kambing. Tusukan daging kurban misalnya, dibubuhi perasan jeruk nipis dan garam, lalu dibakar di atas bara api menyala.

Setelah matang, kemudian satai disajikan dengan siraman sambal dengan rasa pedas yang dikenal dengan sambal rica bawang yang pengolahanya pun cukup sederhana sederhana.

Cara membuat sambal rica bawang ini juga cukup mudah. Pertama, siapkan cabai rawit secukupnya kemudian dihaluskan. Setelah halus, cabai rawit ditambahkan dengan irisan bawang merah yang kemudian ditambahkan garam dan sedikit micin.

Tak hanya sampai di situ, cabai rawit yang sudah selesai diolah tadi kemudian disiram dengan minyak kampung, tetapi sebelum itu minyak dipanaskan terlebih dahulu sebelum disiram. Setelah disiram, diamkan selama 5 menit hingga dingin, kemudian satai siap disajikan.

 

2 of 2

Mudah Ditemui

Mengenal Olahan Satai Rica Bawang Saat Idul Adha di Gorontalo
Jika anda berkunjug ke Provinsi Gorontalo saat Hari Raya Idul Adha seperti ini, tak lengkap rasanya jika anda tidak mencicipi kuliner yang satu ini. Olahan daging sederhana ini dinamakan dengan satai rica bawang. (Liputan6.com/Arfandi Ibrahim)

Seperti yang dikatakan salah seorang warga dari Kota Ternate yang datang berkunjung ke Gorontalo saat Idul Adha, Afrid Hasan. Ia menuturkan, bahwa olahan satai rica bawang memang sangat lezat saat disantap di kala satai baru dibakar.

"Bumbu rica awan ini yang menambah sensasi pedas dan terkenalnya satai rica bawang khas Gorontalo. Apalagi disantap saat satai masih dalam keadaan panas," tutur Aprid kepada Liputan6.com.

Ia menambahkan, satai ini memang buruan warga saat perayaan Idul Adha di Gorontalo. Mereka mengaku saat Idul Adha tiba pasti warga berkunjung di Gorontalo dengan berburu satai tersebut.

"Satai ini memang buruan kami, pokoknya ketika Idul Adha tiba, kami pasti hanya ingat Gorontalo dengan kelezatan satai tersebut. Pasti kami langsung datang ke Gorontalo dengan menemui kerabat dan keluarga," dia menambahkan.

Jadi, wisatawan yang liburan ke Gorontalo, rasanya wajib mencicipi satai ini. Apalagi, satai tersebut sudah bisa ditemui di rumah makan khas Gorontalo meskipun bukan hari Raya Idul Adha.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓