Soesilo Toer: Minke Itu Monkey, Ejekan Penjajah untuk Kita

Oleh Ahmad Adirin pada 13 Agu 2019, 13:00 WIB
Soesilo Toer

Liputan6.com, Blora - Minke, tokoh dalam nobel tetralogi Bumi Manusia mempunyai nama asli Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo. Selain insan pers, Tirto juga tokoh kebangkitan nasional yang lahir di Blora pada 1880.

Soesilo Toer, adik kandung penulis Bumi Manusia Pramoedya Ananta Toer kepada Liputan6.com mengungkapkan, Minke, merupakan panggilan ejekan yang diberikan penjajah Belanda kepada Tirto. 

"Minke itu dari kata 'monkey' yang artinya monyet. Saya tahu itu karena saya sendiri waktu di luar negeri orang-orang juga ngejek saya 'hitam kamu', 'negro kamu'," kata Soes di kediamannya akhir pekan silam.

Di kediamannya, Soes juga menunjukkan koleksi buku Bumi Manusia dengan edisi cetakan yang berbeda-beda. Edisi lawas paling diburu para kolektor. Usai Orde Baru tumbang, buku-buku Pram memang banyak dicari, salah satunya tetralogi Bumi Manusia, yang merupakan masterpiece bagi Pram dalam kerja kreatifnya.

Saat ditanya perihal film Bumi Manusia, Soes menilai tidak ada orang yang bisa sama seperti tokoh Tirto Adhi. Orang itu, katanya, sangat berpengetahuan luas dan berani. Menurutnya, sangat sulit menemukan tokoh seperti Tirto di zaman sekarang. Namun demikian, film Bumi Manusia layak ditonton sebagai bentuk pembelajaran bagaimana seharusnya seorang anak muda berperilaku. 

Meski tak diberi kabar, Soes mengaku tahu novel Bumi Manusia akan diangkat menjadi sebuah karya film. Film Bumi Manusia akan dirilis tayang menyambut hari kemerdekaan ke-74 RI. Dirinya ingin sekali menonton, namun sayang di Blora, tempat tinggalnya belum ada bioskop.  

"Saya kira ada yang mau ngundang nonton bareng-bareng. Di Blora kan tidak ada bioskop," katanya.

2 of 2

Simak juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓