Ketika Jemaat Katolik Bersihkan Lokasi Salat Idul Adha di Makassar

Oleh Fauzan pada 11 Agu 2019, 06:00 WIB
Jemaat katolik bersihkan lokasi salat Idul Adha umat muslim di Makassar (Fauzan/Liputan6.com)

Liputan6.com, Makassar - Ratusan jemaat Gereja Santo Fransiskus Assisi Makassar membersihkan Lapangan Hertasning pada Sabtu, 10 Agustus 2019 pagi. Lapangan itu rencananya akan digunakan umat muslim untuk melaksanakan salat Idul Adha Minggu (11/8/2019) besok.

Kegiatan bersih-bersih itu dilakukan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-33 Gereja Santo Fransiskus Assisi Makassar. Sedikitnya ada 450 jemaat yang turut andil dalam kegiatan kerja bakti tersebut.

"Kita lebih dulu bersih-bersih di halaman gereja, lalu membersihkan Lapangan Hertasning," kata Ketua Panitia kegiatan tersebut, Robby Gosal, Sabtu (10/8/2019).

Dia menjelaksan bahwa kegiatan bersih-bersih Lapangan Hertasning merupakan bentuk tolerasin antar umat beragama yang ada di Kota Daeng.

"Ini bentuk toleransi kita kepada saudara-saudara kami umat muslim, lapangan itu kan mau dipakai untuk Idul Adha besok," ucapnya.

Selain membersihkan lokasi salat Idul Adha umat muslim di Makassar, ratusan jemaat kristiani itu juga membersihkan sejumlah halaman masjid yang berada di sekitar Jalan Letnan Jenderal Hertasning, Kota Makassar.

Robby menyebutkan bahwa dengan membersihkan lokasi salat Idul Adha umat muslim  itu berarti jemaat katolik menjaga toleransi antar umat beragama sekaligus menjadi bentuk pengungkapan rasa cinta kepada Tanah Air Indonesia. Selain itu kegiatan ini juga mengajarkan jemaat untuk mencintai lingkungan.

"Jadi kegiatan ini merupakan bentuk ajakan kepada umat untuk cinta bangsa. Dengan cara menjaga kebersihan lingkungan kita mengurangi sampah plastik dan menjaga kebersamaan," Robby memungkasi.

Saksikan juga video pilihan berikut ini: