Sukses

Menunggu Pesta Rakyat Jelang Kemerdekaan di Lembang

Ada sebuah pesta rakyat yang biasanya digelar oleh masyarakat Lembang, Bandung, Jawa Barat untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Liputan6.com, Bandung - Ada sebuah pesta rakyat yang biasanya digelar oleh masyarakat Lembang, Bandung, Jawa Barat untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Pesta rakyat tersebut dikenal dengan nama Karnaval 17-an.

Karnaval 17-an dilaksanakan sehari sebelum peringatan Hari Raya Kemerdekaan. Peserta karnaval berasal dari semua kalangan. Mulai pelajar TK, SD, SMP, SMA, hingga warga yang ada di wilayah Lembang.

Arak-arakan yang ditampilkan oleh masing-masing peserta sangatlah beragam. Ada marching band, angklung, keanekaragaman pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, hingga atraksi-atraksi lainnya yang mampu memukau para penonton yang menyaksikannya.

Biasanya arak-arakan tersebut dilakukan mengelilingi jalan raya utama di Lembang. Kegiatan Karnaval 17-an dilombakan dan dinilai oleh tim juri yang sebelumnya sudah ditunjuk langsung oleh pemerintah daerah setempat. Tim juri akan memilih penampilan yang paling menarik dan unik untuk dijadikan pemenang dari kegiatan karnaval tersebut.

Setiap tahunnya masyarakat Lembang sangat antusias untuk menyaksikan Karnaval 17-an ini. Mereka menilai kegiatan karnaval ini bisa menjadi ajang silaturahmi dan memberikan dampak yang positif bagi generasi penerus bangsa untuk lebih mencintai keanekaragaman budaya di Negara Indonesia.

Titi Nurul, Staf Balai Besar PPK dan PKK Lembang Bandung / Citizen Journalist 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.