Operasional Kereta Api di Bandung Kembali Normal

Oleh Arie Nugraha pada 05 Agu 2019, 11:29 WIB
Diperbarui 05 Agu 2019, 20:15 WIB
Kereta Api

Liputan6.com, Bandung - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung menyatakan operasional perjalanan kereta api pada Senin, 5 Agustus 2019 kembali normal. Sebelumnya terjadi keterlambatan keberangkatan dan juga kedatangan kereta api Argo Parahyangan relasi Bandung-Jakarta pulang pergi akibat listrik padam.

Juru bicara PT KAI Daop 2 Bandung, Noxy Citrea mengatakan, rata-rata keterlambatan lebih dari 60 menit. Atas kejadian tersebut, PTKA Daop 2 Bandung menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat pengguna kereta api.

"Kami mohon maaf atas keterlambatan kedatangan dan keberangkatan kereta api yang diakibatkan padamnya aliran listrik. Alhamdulillah pada hari ini semua sudah normal kembali seiring dengan arus listrik yang kembali mengalir," kata Noxy melalui keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Senin (5/8/2019).

Noxy juga mengatakan, saat listrik padam, semua jajaran PT KAI Daop 2 Bandung bersedia siaga untuk memastikan keselamatan operasional perjalanan kereta api. Seperti menjaga palang pintu perlintasan yang mengalami gangguan tetap doperasikan manual, oleh petugas kereta api dan juga dibantu oleh relawan pecinta kereta api.

Contohnya, sebut Noxy, seperti di Kiaracondong, Cimindi, dan Purwakarta. Sedangkan untuk pelayanan perjalanan di stasiun, PT KAI juga menerapkan pelayanan manual untuk pembelian Tiket Go Show, Check-in, dan Boarding saat pemadaman listrik berlangsung.

"Kami akan berupaya sebaik mungkin agar pelayanan di stasiun dan perjalanan KA dapat kembali normal," jelas VP Publik Relation PT KAI Edy Kuswoyo.

Edy menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas ketidaknyamanan yang terjadi pada perjalanan Kereta Api Jarak Jauh, KRL, KA Bandara, dan KA Lokal kemarin akibat pemadaman listrik sejak 11.48 WIB.

Meski sempat terjadi pemadaman listrik aliran atas (LAA) untuk layanan KRL dan KA Bandara, pada pulul 20.00 WIB gardu traksi ujar Edy, berangsur-angsur mulai dinyalakan kembali sehingga perjalanan KRL dan KA Bandara diharapkan dapat segera beroperasi secara normal.

"Penumpang dapat membatalkan tiketnya, dan KAI akan mengembalikan tiket penumpang secara penuh," terang Edy.

PT KAI juga meminta maaf atas keterlambatan berbagai perjalanan KA yang terjadi akibat gangguan ini. Saat ini keterlambatan perjalanan KA sudah mulai terurai dan diharapkan dapat segera kembali tepat waktu. 

2 of 2

Simak juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by