KM Pieces dengan 37 Awak Tenggelam di Perairan Kalsel

Oleh Liputan6.com pada 02 Agu 2019, 17:29 WIB
Diperbarui 04 Agu 2019, 10:14 WIB
20151220-Ilustrasi Kapal Tenggelam-AFP Photo

Liputan6.com, Kotabaru - Sebuah kapal nelayan, KM Pieces yang memuat 37 penumpang dikabarkan tenggelam di perairan Matasiri, Kotabaru, Kalimantan Selatan. Kapal tersebut berangkat dari Pekalongan dengan tujuan Selat Makassar untuk mencari ikan.

Diperkirakan kapal tersebut tenggelam sejak Rabu (31 Juli 2019), namun baru diketahui pada Jumat (2 Agustus 2019). Kapal tersebut dinahkodai oleh Nasori (41) warga Wonokerto Wetan, Kecamatan Wonokerto, Kabupaten Pekalongan.

Menurut Rakim, Kasi Kesyahbandaran Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan, empat anak buah kapal (ABK) dikabarkan meninggal dunia. Dua ditemukan dalam kondisi selamat. Seluruh korban kemudian dibawa ke Kotabaru yang lokasinya dekat dengan posisi tenggelamnya kapal.

"Pemilik kapal melapor bahwa kapal nelayan KM Pieces kecelakaan akibat kebakaran. Peristiwa tersebut terjadi tiga hari setelah keberangkatan," kata Rakim.

Berdasar laporan KM Pieces yang melaporkan keberangkatannya pada Minggu (28/7/2019) dan berangkat melaut pada Senin (29/7/2019). Jumlah awak kapal ada 32 orang. Selain itu ada pula 5 anak praktek dari SMK Negeri 1 Bulakamba, Brebes.

Informasi yang diterima PPN Pekalongan, korban saat ini dalam perjalanan ke Pekalongan dengan menumpang kapal Rejeki Utama. Sedangkan untuk penanganan korban lainnya, pihak PPN Pekalongan belum mendapat informasi karena masih dicari.

"Kapal nelayan Pieces berbobot 93 GT dengan pemilik Suhomi, Kelurahan Panjang Baru, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan. Dan sesuai izin wilayah tangkapnya memang di Selat Makasar," kata Rakim.

Simak video pilihan berikut: