Sukses

Menikahi Perawan dengan Mahar Rp300 Ribu, Apa Kabar Kakek Badu?

Masih ingat Kakek Badu? Kisah cinta lansia asal Kolaka ini sempat viral karena menikahi seorang perawan dengan mahar Rp 300 ribu.

Liputan6.com, Kolaka - Masih ingat Kakek Badu? Pria asal Sungai Ulu Konaweha, Desa Ulu Konaweha, Kecamatan Samaturu, Kabupaten Kolaka ini sempat membuat heboh usai menikahi seorang gadis cantik di desanya dengan mahar Rp300 ribu pada November 2017.

Kakek Badu, hanyalah seorang petani yang sudah lanjut usia dan belum pernah menikah. Namun, kegigihannya mampu memikat hati seorang perawan desa berparas manis untuk diajak naik ke pelaminan.

Kisah mereka sempat viral. Mulai dari awal mereka jatuh cinta, hingga mereka memutuskan menikah dengan restu keluarga kedua belah pihak.

Menjelang 2 tahun setelah pernikahan mereka, Liputan6.com menyambangi rumah Kakek Badu dan istrinya Ika Nurjanah, Senin, 29 Juli 2019. Untuk sementara, keduanya menetap di rumah keluarganya di Kecamatan Wundulako hingga hari Raya Idul Adha mendatang.

Desa Ulu Konaweha, tempat tinggal Kakek Badu berjarak sekitar 50 kilometer dari ibu kota Kabupaten Kolaka. Namun, menurut sejumlah rekannya, Kakek Badu bersama istrinya sedang menginap di rumah kerabatnya di Kabupaten Kolaka.

Saat berusaha ditemui di rumah keluarganya, Kakek Badu tak berada di rumah. Pria yang sebelumnya berprofesi sebagai pengemudi perahu mesin tempel, sedang memetik cengkih di kebun salah seorang kerabatnya.

Dari keterangan kerabat dan tetangganya, Kakek Badu ternyata masih memiliki hubungan mesra dengan istrinya setelah 2 tahun pernikahan. Bahkan, keduanya sudah dikaruniai seorang balita.

"Sekarang malah tambah saling sayang mereka itu. Karena sudah ada anak laki-laki setelah dua tahun pernikahan mereka," ujar Jabar, salah seorang kerabat Badu, ditemui di rumahnya.

Jabar mengungkapkan, Badu dan istrinya Ika Nurjanah, dalam kondisi sehat-sehat saja. Hingga hari ini, pria yang sudah berusia 58 tahun itu masih rajin bekerja.

"Kerja apa saja yang dia bisa, tiap hari aktif. Alhamdulillah sehat-sehat saja mereka berdua," tambah Jabar.

Mansyur (40) salah seorang rekan Kakek Badu mengatakan, Badu tetaplah orang tua yang dikenal suka bercanda. Hingga terakhir bertemu beberapa pekan lalu, pria ini masih suka bercanda.

"Tidak ada yang berubah, Kakek Badu masih tetap orang tua yang dulu kami kenal. Suka main-main, malah lebih lucu dari yang kami kira kalau sudah bercanda," ujar Mansyur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kakek Badu Punya Anak

Setelah menikah pada 2017, kakek Badu dan Ika Nurjanah dikaruniai seorang anak pada 2018. Bocah mereka, diketahui berjenis kelamin laki-laki.

"Iya, sudah punya anak, Alhamdulillah," ujar istri kakek Badu, Ika Nurjanah.

Bocah laki-laki mereka, diketahui bernama Alfansyah Zulkarnain. "Sementara tidur di dalam kamar, habis main-main," ujar Ika Nurjanah.

Alfansyah lahir di desa Ulu Konaweha. Dengan ditemani kerabatnya, Alfansyah lahir melalui proses persalinan normal. "Sudah bisa berdiri tegak, sudah bisa main-main dan sedikit-sedikit bicara," ujar Ika.

Untuk membeli susu dan popok anak semata wayangnya, Badu bekerja keras sebagai pengemudi perahu setiap hari. Jika sedang beruntung, Badu bisa mendapat uang hingga Rp200 ribu sehari.

Jika, penumpang sedang sepi, Badu bahkan tak membawa pulang uang sama sekali. Hal ini diungkapkan sejumlah rekannya yang ditemui di pinggir Sungai Ulu Konaweha.

"Kita tahu, karena kita sama-sama bawa perahu. Tapi Badu kan punya kebun dan sayur-sayuran yang bisa dijual setiap minggu atau beberapa hari," ujar Mansyur, rekan Kakek Badu.

3 dari 3 halaman

Pernikahan Viral Kakek Badu

Pernikahan Kakek Badu dan Ika Nurjanah viral 2 tahun lalu. Keduanya menikah usai jatuh cinta karena sering bertemu di kebun di Desa Ulu Konaweha, Kabupaten Kolaka.

Cerita lainnya terungkap, kakek Badu sering mengantar Ika Nurjanah dengan perahu sejak saat masih duduk di bangku sekolah dasar. Sejak saat itu, benih-benih cinta mulai tumbuh hingga mereka menikah saat Ika Nurjanah baru saja lulus SMP.

Keduanya menikah di KUA Wundulako Kolaka. Mereka dinikahkan Kepala KUA Wundulako, Arsyad Daud.

Sempat heboh, Arsyad Daud malah sempat didatangi polisi karena dikira menikahkan anak di bawah umur. Setelah dicek, usia Ika Nurjanah saat menikah ternyata hampir 18 tahun.

Hari ini, Ika Nurjanah sudah memasuki usia 20 tahun, sedangkan Kakek Badu berusia 58 tahun.

Pernikahan keduanya juga terbilang sangat sederhana. Di depan KUA, Kakek Badu memberikan mahar Rp300 ribu saja kepada Ika Nurjanah. Jumlah ini cukup mengagetkan, sebab biasanya mahar di wilayah itu mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

"Mahar mereka memang Rp300 ribu saja. Saya juga sudah cek kartu keluarga dan identitas lain keduanya sebelum menikah, mereka sah karena keduanya sudah sama-sama cukup umur," ujar Arsyad.

Saksikan juga video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.