Sukses

Penjual Pernak-Pernik Kemerdekaan Mulai Serbu Bandung

Mendekati peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2019, pedagang bendera di Kota Bandung mulai menjamur di beberapa sudut kota.

Liputan6.com, Bandung - Mendekati peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), pedagang pernak-pernik kemerdekaan di Kota Bandung mulai menjamur di beberapa sudut kota. Salah satunya di Jalan Supratman, Rabu (31/7/2019).

Belasan pedagang bendera berjejer di sepanjang trotoar jalan yang menghubungkan antara Jalan Ahmad Yani dan Jalan Diponegoro tersebut.

Mereka memang sudah rutin berdagang bendera di Bandung setiap jelang bulan Agustus.

"Saya baru tiga hari berjualan. Setiap jelang HUT RI, pasti berjualan di sini," ujar Ayi Sumirat (45) salah seorang pedagang bendera yang berasal dari Garut, Jawa Barat.

Ayi dan para pedagang lain di kawasan Supratman tak hanya menjual bendera merah putih. Ada juga umbul-umbul, background dan bambu.

"Harga bendera berbeda-beda tergantung ukuran. Ada yang Rp5 ribu sampai Rp300 ribu. Kalau umbul-umbul mulai Rp35 ribu," ujarnya.

Menurutnya, selama tiga hari berjualan masih terhitung sepu. Ayi memprediksi pembeli akan ramai saat mendekati Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

“Kalau tahun lalu memang agak sepi ya. Mudah-mudahan untuk tahun ini lebih semarak lagi," kata Ayi.

Ayi mengaku akan berjualan selama 20 hari. Pada tanggal 16 Agustus malam ia sudah kembali ke kampungnya.

"Jualan di sini 24 jam. Untuk tidur biasanya di sini saja," kata Ayi.

Selain di Jalan Supratman, para penjual pernak-pernik kemerdekaan juga menjajakan barangnya di kawasan Ahmad Yani, Pajajaran hingga Cimahi.

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.