Sukses

Porsche Mewah Rp3 Miliar Teronggok di Jalur Tikus Kalimantan-Malaysia

Penyelundupan mobil mewah Porsche itu dengan cara mobil dikirim dan ditinggalkan begitu saja di tengah hutan, untuk kemudian diambil oleh pemesan.

Liputan6.com, Sanggau - Mobil mewah super car Porsche 911 seri Carrera ditinggalkan begitu saja di jalan tikus Guna Banir, Kecamatan Sekayam, perbatasan Sanggau, Kalimantan Barat dengan Malaysia. Dugaan sementara ini adalah penyelundupan mobil dari Malaysia dengan pola rantai terputus.

Menurut Danyon 643/Wanara Sakti, Mayor Inf Dwi Agung Prihanto, mobil tersebut ditemukan teronggok ketika pasukannya berpatroli rutin untuk mengamankan perbatasan. Diduga pemilik atau pembawa mobil tersebut lari ketika tahu ada patroli.

"Sepekan sebelumnya, kami mendapat informasi dari masyarakat bahwa jalur tikus perbatasan RI-Malaysia di Sungai Daun sering untuk meloloskan barang ilegal termasuk mobil," kata Mayor Dwi Agung, dilansir suarakalbar.co.id.

Dari informasi itu pengawasan dan patroli rutin ditingkatkan intensitasnya di Sungai Daun. Hasilnya, tengah malam pasukan yang berpatroli mendengar suara mobil di tengah hutan. Mereka bersiap dan langsung mengintai, mendatangi asal suara.

"Sayangnya si pembawa mobil mewah sudah kabur ketika pasukan berada dekat lokasi," kata Dwi Agung.

Komandan patroli dari Satgas Pamtas Yonis Mekanis 643 Wanara Sakti Lettu Inf Debry Wahyu Pranoto beserta anggotanya kemudian mengintai hingga pagi. Mereka bertahan di Kamp Ngabang, Dusun Guna Banir, namun tak ada tanda-tanda mobil tersebut diambil. Mobil mewah buatan Jerman itu bernomor polisi BAR 9658 diduga berasal dari Malaysia.

"Karena tidak ada yang datang untuk mengambil, siang itu mobilnya kami amankan ke Kotis," kata Dwi Agung.

Dari hasil pemeriksaan, mobil sport Classic jenis Porsche Carrera 911 warna abu-abu itu bernomor mesin 63H04023 dan bernomor rangka wpozzz91zhs141185. Mobil tersebut sengaja ditinggalkan pelaku untuk kemudian diambil pelaku lainnya guna dibawa keluar dari Dusun Guna Banir.

"Dugaan kami, para pelaku menggunakan sistem penyelundupan jaring terputus," katanya.

Dijelaskan pula bahwa sudah ada nama-nama yang diduga berada di belakang penyelundupan mobil mewah ini. Nama-nama tersebut saat ini sedang diselidiki lebih mendalam oleh polisi.

Simak berita menarik lain dari suarakalbar.co.id

Ikuti video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.