Sukses

Air Laut Tercemar Minyak, Petani Garam Libur Dulu

Kilang minyak yang bocor membuat air laut di Karawang tercemar. Petani garam pun berhenti produksi.

Liputan6.com, Karawang - Petani garam di pesisir pantai utara Karawang, Jawa Barat berhenti berproduksi. Hal ini merupakan dampak air laut sebagai sumber utama pembuatan garam tercemar minyak yang bocor sejak dua minggu lalu.

Para petani garam di Batujaya dan Tempuran resah akibat tumpahan minyak yang menyebar hingga ke lepas pantai. Air laut tercemar tersebut membuat sebagian petani enggan menggarap lahannya lantaran bahan baku garam sudah tidak layak diolah menjadi garam.

Suwito (52) petani garam asal Desa Sungai Buntu, Kecamatan Cibuaya mengatakan, sejak adanya insiden kebocoran Anjungan Lepas Pantai YY Area Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (ONWJ), Kawarang, petani garam berhenti memproduksi karena air laut sudah terkontaminasi minyak.

"Sejak adanya peristiwa kebocoran anjungan lepas pantai, para petani garam berhenti produksi," kata Suwito, Senin, 29 Juli 2019. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menunggu Perbaikan Kilang

Dia juga mengatakan para petani garam enggan menggarap lahannya, sejak adanya peristiwa tersebut karena khawatir tumpahan minyak yang terus naik ke bibir pantai akan masuk ke lahan garapan pembuatan garam sehingga akan merugikan semua pihak.

"Petani sudah tidak menggarap lahan tambak pembuatan garam karena khawatir air bercampur bahan berbahaya masuk ke tambak garam," katanya.

Petani garam di pesisir Ciparage, Tempuran, Karmin (40) menjelaskan dia dan rekan-rekan menunda aktivitas menggarap tambak garam karena sewaktu-waktu saat memasukkan air laut untuk produksi garam sudah tidak steril dari tumpahan minyak yang masih mengalami kebocoran di lepas pantai yang jaraknya hanya 7 mil dari bibir pantai.

"Untuk sementara tidak memproduksi garam dulu, karena proses perbaikan kilang minyak yang bocor belum selesai," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.