Sukses

Gunung Tangkuban Parahu Masih Bergetar, Ridwan Kamil Imbau Warga Tak Panik

Ikuti perintah petugas setempat apabila sewaktu-waktu harus evakuasi

Liputan6.com, Jakarta Erupsi Gunung Tangkuban Parahu beberapa waktu lalu sempat membuat warga disekitar Jawa Barat panik. Mengetahui kondisi tersebut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau masyarakat untuk waspada dan tidak panik. 

"Saya mendapati kabar tentang situasi Tangkuban Parahu, erupsi lokal tapi asapnya mulai terasa ke Lembang. Saya sudah koordinasi BNPD minta untuk berkoordinasi dengan level desa, lurah, kecamatan. Safety harus diutamakan," katanya di Stockholm, Swedia, Jumat (26/7).

Emil juga meminta wisatawan dan masyarakat untuk tidak mendekati gunung Tangkuban Perahu. Selain itu, dia juga memperingati masyarakat untuk tidak menyebarkan informasi yang belum jelas kebenarannya. 

"Mohon untuk tidak gampang share informasi yang hoaks, cari sumber berita resmi. Pastikan berita itu benar. Kita berdoa semoga erupsinya tidak membesar dan membahayakan," lanjutnya.

Imbauan serupa diungkapkan oleh Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan. Dia meminta masyarakat sekitar Lembang, Kabupaten Bandung Barat, meningkatkan kewaspadaannya. 

"Meski begitu jangan panik, ikuti perintah petugas setempat apabila sewaktu-waktu harus evakuasi," katanya.

Untuk diketahui, hingga saat ini kondisi Gunung Tangkuban Parahu masih menunjukkan aktivitas vulkanik. Meski masih terjadi tremor atau getaran dengan kekuatan 0,5 sampai 1 amplitudo, namun status Gunung Tangkuban Parahu berstatus normal. 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.