Sukses

Wali Kota Bengkulu Ajak Warga Buka Masjid 24 Jam

Wali kota yang pernah memberikan hadiah mobil pribadinya untuk warga yang Salat Zuhur berjemaah selama satu tahun itu mengajak masyarakat Bengkulu untuk berkontribusi memakmurkan masjid.

Liputan6.com, Bengkulu - Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan kembali membuat kebijakan mengejutkan. Melalui Surat Edaran yang ditandatangani tanggal 26 Juli 2019 lalu, wali kota yang kembali menjabat untuk periode kedua ini mengimbau warga membuka masjid 24 jam.

Dia tidak menyalahkan siapa pun sebab menurutnya, gunung bisa didaki, lautan bisa disebrangi, tetapi masjid hanya dilewati. Dia mengajak seluruh warga Kota Bengkulu untuk memakmurkan masjid dan membuka rumah ibadah tersebut selama 24 jam setiap hari.

"Ada Pom Bensin buka selama 24 jam, hotel buka 24 jam, bahkan banyak pasar yang saat ini juga buka selama 24 jam setiap hari, mengapa masjid tidak dibuka juga 24 jam," ujar Helmi di Bengkulu, Minggu, 28 Juli 2019.

Wali kota yang pernah memberikan hadiah mobil pribadinya untuk warga yang Salat Zuhur berjemaah selama satu tahun itu, mengajak masyarakat [Bengkulu](Bengkulu "") untuk berkontribusi memakmurkan masjid.

"Untuk mendapatkan security dan prosperty tersebut, mari kita membuka ladang amal dengan memakmurkan masjid selama 24 jam," lanjut Helmi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sediakan Makanan dan Minuman Terbaik

Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan yang mengimbau membuka masjid 24 jam meminta kepada para pengurus masjid untuk membudayakan keramahan, mudah tersenyum, dan melayani setiap orang yang datang untuk beribadah. Masjid juga diminta untuk menyediakan makanan dan minuman terbaik, sediakan kulkas, kipas angin, bahkan pendingin ruangan atau AC.

"Insya Allah, Allah akan memberikan kemakmuran bagi Kota Bengkulu tercinta ini," ungkap Helmi.

Dia juga mengajak seluruh masyarakat Kota Bengkulu untuk membudayakan salat sunah lima waktu dengan berjemaah di masjid, melaksanakan salat fardu juga di masjid, juga melaksanakan kebiasaan berzikir pagi dan sore di masjid.

"Supaya suara suara zikir terus terdengar dan mengiringi setiap aktivitas warga," kata dia.

Dia juga meminta terus dilakukan Ta'lim Wat Ta'lum, atau untuk kegiatan belajar mengajar. Khususnya bagi anak-anak untuk mengenal dan memahami Alquran, melaksanakan Dakwan Ilallah, mengajak orang kenal kepada Allah, taat kepada Allah dan mencintai Allah.

"Semoga bisa dilaksanakan dengan penuh kesadaran, keikhlasan, dan kesabaran," kata Helmi Hasan.

3 dari 3 halaman

Pendapat Warga

Imbauan Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan melalui surat edaran nomor: 451/266/SE/B.III/2019 untuk membuka masjid 24 jam, mendapat beragam tanggapan dari warga Kota Bengkulu. Silang pendapat dan Pro Kontra, tidak hanya di media sosial, perdebatan juga terjadi di kelompok-kelompok masyarakat.

Ketua Komunitas Melayu Bengkulu atau Bencoolen Speaking Communitty, Endang Indra Purnama mengatakan, kebijakan membuka Masjid 24 jam tersebut harus disertai dengan kebijakan pengamanan. Sebab banyak kasus, ketika masjid terus dibuka, akan memancing tindakan kriminalitas.

"Tidak dibuka 24 jam saja, banyak celengan masjid yang dicuri," Endang menegaskan.

Beberapa masjid, bahkan harus mengunci celengan dengan ikatan rantai dan memasang gembok, atau membuat celengan permanen dari beton yang dicor.

Kejahatan pencurian celengan itu hanya sebagian dari kejahatan di lingkungan masjid. Beberapa kasus kehilangan kendaraan bermotor khususnya roda dua terjadi di halaman masjid, ketika warga melaksanakan salat.

"Kita dukung, tetapi harus sepakat juga untuk meningkatkan pengamanan," Endang Indra Purnama menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.