Sukses

Puluhan Ulama Muda Jawa Barat Bakal Sebarkan Pesan Perdamaian di Inggris

Ridwan kamil sudah sepakat dengan British Institute of Peace untuk pertukaran ulama.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat membuat kesepakatan terkait pertukaran ulama dengan British Institute of Peace.

Nantinya, sebanyak 30 ulama muda Jawa Barat yang lolos English for Ulama akan dikirim ke Inggris secara bergantian. 

Demikian dikatakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai menjadi pembicara dalamacara Peaceful Dialogue di Hotel Hilton Manchester, Inggris, Selasa (23/7/2019).

"Kami sudah sepakat dengan British Institute of Peace untuk pertukaran ulama. Jadi 30ulama yang lolos program English for Ulama ini nanti akan kita datangkan ke sini untukmenyebarkan perdamaian dan juga sharing," katanya.

Menurut Emil –demikian Ridwan Kamil disapa--, pertukaran ulama tersebut bertujuan untukmembawa pesan perdamaian ke Eropa. Selain itu, sebagai negara muslim tersebut,Indonesia sejatinya dapat mewarnai dakwah Islam di dunia, khususnya Eropa.

"Saya ingin dialog Islam ini bukan hanya didominasi oleh timur tengah," ucapnya. Sedangkan, saat berpidato dihadapan sekira 100 orang, Emil menyatakan bahwa Pemdaprov Jawa Barat tengah menginisiasi dakwah digital. Dia juga mengatakan bahwa perpecahan yang terjadi di tengah masyarakat salah satu penyebabnya adalah informasi bohong.

"Jadi, ya, kalau enggak bisa langsung dialog di sini, kita bisa dakwah digital," katanya." Orang lebih senang mencari perbedaan dari pada persamaan," lanjutnya.Selain itu, Emil juga memperkenalkan ideologi Pancasila dan menyatakan bahwa sebagaipemimpin serta seorang muslim harus melindungi umat beragama lainnya. "Kedatangan saya ke sini menjadi awal program saya untuk mengirimkan ulama dari Jabaruntuk menyebarkan pesan perdamaian ke Eropa," tutupnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini