Banjir dan Longsor Terjang Kabupaten Simuelue Aceh

Oleh Rino Abonita pada 21 Jul 2019, 21:20 WIB
Banjir melamun Aceh

Liputan6.com, Aceh - Banjir menerjang sejumlah kecamatan di Kabupaten Simuelue, Provinsi Aceh, Minggu, 21 Juli 2019. Selain itu, juga terjadi longsor di beberapa titik.

Badan penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mencatat bahwa banjir terjadi di 10 kecamatan sejak kabupaten itu dilanda hujan deras pada Minggu pagi. Ketinggian air berkisar antara 80 - 100 sentimeter.

Terdapat 16 desa dari 4 kecamatan dilanda banjir yang telah terdata. Sementara 6 kecamatan lainnya belum belum ada laporan signifikan berapa jumlah desa yang terendam.

"Selanjutnya, ada beberapa titik terjadi longsor yang berdampak rusaknya rumah penduduk yaitu di Desa Air Dingin dan Desa Suka Karya Kecamatan Simeulue Timur," sebut Kepala BPBA, Ahmad Dadek kepada Liputan6.com, Minggu sore (21/7/2019).

Petugas penanggulangan bencana setempat bersama instansi terkait sudah mendatangi masing-masing titik lokasi banjir dan longsor. Saat ini situasi dan perkembangan masih dipantau oleh pihak-pihak tersebut.

Sementara upaya menanggulangi masalah banjir dan longsor ini tengah dilakukan. Termasuk penanganan darurat sesuai protap atau prosedur tetap.

"Sementara estimasi kerusakan dan kerugian sedang tahap perhitungan," Dadek memungkasi.

Hujan deras disertai angin kencang memang tengah membayang-bayangi Serambi Makkah dalam satu pekan terakhir. Cuaca buruk terjadi usai bencana kebakaran hutan dan lahan terjadi di beberapa kabupaten provinsi itu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Live Streaming

Powered by