Sukses

Yusak, Terpidana Investasi Bodong Meninggal Dunia di Dalam Rutan

Haryanto alias Yusak (53), terpidana kasus [penipuan berkedok investasi](3924724 "") emas ditemukan meninggal dunia di Rutan Kelas 1A Solo, Senin siang (15/7/2019).

Solo - Haryanto alias Yusak (53), terpidana kasus penipuan berkedok investasi emas ditemukan meninggal dunia di Rutan Kelas 1A Solo, Senin siang (15/7/2019).

Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Andi Rahmanto seperti dikutip laman Solopos mengatakan, sekitar 12.30 WIB, teman satu sel Yusak menginformasikan kepada petugas keamanan rutan bahwa Yusak muntah-muntah.

Yusak kemudian dibawa ke poliklinik rutan. Saat itu kondisi Yusak masih sadar. Yusak kemudian dibawa ke RSUD dr. Moewardi Solo, namun nyawanya tak terselamatkan. Yusak meninggal sekitar pukul 13.30 WIB.

Yusak baru saja divonis 2,5 tahun penjara atas kasus penipuan kedua pada pekan lalu. Sebelumnya, pada kasus pertama, Yusak divonis 1,5 tahun penjara dan seharusnya bebas akhir tahun ini.

Namun dengan tambahan hukuman 2,5 tahun penjara itu, Yusak harus lebih lama lagi mendekam di penjara. Yusak diduga depresi akibat vonis tersebut dan nekat mengakhiri hidupnya dengan cara minum cairan karbol pembersih lantai.

Hal itu diketahui dari muntahannya yang berbau karbol serta stok karbol yang berkurang setelah dicek. Andi Rahmanto mengungkapkan, sebelumnya tidak ada tanda-tanda aneh pada perilaku Yusak. Dia menjalani rutinitas harian seperti biasa pada Senin pagi itu, termasuk melakukan kegiatan olahraga. 

Yusak dilaporkan ke Polresta Solo atas tuduhan penipuan berkedok investasi emas pada awal 2015 lalu. Namun polisi baru berhasil menangkapnya di Klaten pada Desember 2017. 

Polisi menjerat Yusak dengan dua pasal yakni penipuan dan tindak pidana pencucian uang (TPPU). Korbannya mencapai 108 orang dengan total kerugian Rp111 miliar.

Baca juga berita Solopos.com lainnya di sini.

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.