Comberan Terbesar di Indonesia Ada di Banten

Oleh Yandhi Deslatama pada 09 Jul 2019, 10:09 WIB
Diperbarui 11 Jul 2019, 09:13 WIB
Comberan Terbesar di Indonesia

Liputan6.com, Banten - 'Comberan Terbesar' di Indonesia, ada di Desa Jongjing, Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Banten.

Sejatinya bukanlah comberan yang lazim ada di depan rumah. Melainkan Sungai Ciujung selebar 50 meter yang tercemar dan kerap menjadi tempat buang sampah. Baunya pun semerbak khas comberan yang mampet.

"Warga nyebutnya comberan terbesar di Indonesia. Kalau enggak ada hujan, baunya nyengat," kata Hanafi (30), warga setempat, Senin (8/7/2019).

Warga kerap memasang spanduk bernada sindiran di atas jembatan, bertuliskan 'Comberan Terbesar Di Indonesia', dengan harapan bisa mendapatkan perhatian pemerintah. Namun hingga kini, pemerintah Kabupaten Serang belum merespon sindiran warga.

"Kalau demonstrasi belum. Enggak berani. Cuma paling masang spanduk aja. Mungkin udah 10 tahunan kaya gini," katanya.

Hanafi yang juga pelayan warung makan disamping Sungai Ciujung bercerita, dulu saat masih kecil dirinya kerap mandi di sungai tersebut. Bahkan bersama teman-temannya biasa memcari ikan dengan jaring dan memancing.

Bahkan tak hanya itu, orangtuanya yang seorang bertani, selalu menggunakan air Sungai Ciujung untuk mengairi sawah. Namun kini air sungai itu tidak bisa lagi digunakan untuk bercocok tanam.

"Kalau dipakai untuk sawah, mati padinya. Panas kan air sungainya, karena limbah itu," kata Hanafi.

Warga lainnya, Jaelani, yang membuka bengkel di dekat 'Comberan Terbesar' mengatakan, saat malam hari ada saja yang membuang bulu ayam ke sungai Ciujung dari atas Jembatan Jongjing.

"Biasanya buangnya jam 21.00 atau jam 22.00 wib malem, pas sepi," kata Jaelani, saat ditemui Liputan6.com, Senin (8/7/2019).

Sama seperti Hanafi, Jaelani juga berharap Sungai Ciujung bersih kembali dan tidak tercemar limbah seperti saat ini. Sehingga bisa kembali digunakan warga untuk mencuci pakaian dan mandi.

"Kalau dulu bisa dipakai mandi, cuci baju, anak-anak berenang disini (Sungai Ciujung)," katanya.

 

 

2 dari 2 halaman

Simak juga video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓