Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Kesaksian Warga saat Gempa Boroko Magnitudo 4,9 Mengguncang

Top 3 berita hari ini, gempa bumi yang terjadi di Desa Boroko adalah jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Gorontalo.

Liputan6.com, Gorontalo - Top 3 Berita Hari Ini, gempa magnitudo 4,9 yang mengguncang Boroko, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Provinsi Sulawesi Utara, membuat panik warga hingga lari berhamburan keluar rumah.

Bagaimana tidak, saat itu warga yang tengah tertidur lelap dikejutkan suara gemuruh serta guncangan hebat hingga membuat seluruh isi rumah bergetar. 

Belakangan diketahui gempa bumi yang terjadi di Desa Boroko adalah jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Gorontalo.

Sementara itu, kabar lainnya datang dari pernikahan kakak adik kandung di Bulukumba, Sulawesi Selatan. Sebelum pernikahan dilakukan, Ansar yang telah berzinah dengan adik perempuanya sempat kebingungan mencari saksi.

Menurut pengakuan Hervina, istri sah Ansar, pelaku sempat meminta saudara sepupunya ydi Kalimantan untuk menjadi saksi, namun ditolak. Dia akhirnya membayar orang lain sebesar Rp 2,4 juta sebagai penggantinya.

Sebelumnya, Ansar (32) membuat geger warga Bulukumba, Sulawesi Selatan karena menikahi adik kandungnya sendiri Fitri (21). Pria berumur 32 tahun itu terpaksa menikahi adik kandungnya itu lantaran sang adik telah hamil 4 bulan usai keduanya berhubungan badan.

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini:

1. Gempa Boroko Magnitudo 4,9 Terasa hingga Gorontalo, Warga Berhamburan

Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,9 mengguncang wilayah Gorontalo, Rabu (3/6/2019) sekitar pukul 22.19 Wita. Goyangan gempa membuat warga yang sebagian besar sudah tertidur berhamburan ke luar rumah.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap, lokasi gempa berada pada 0,94 Lintang Utara (LU) dan 123.11 Bujur Timur (BT). Tepatnya 18 kilometer Barat Laut, Boroko, Bolaangmongondow Utara (Bolmut), Sulawesi Utara (Sulut). Pusat gempa diperkirakan berada pada kedalaman 21 Kilometer (km) di bawah laut.

Warga yang kala itu tengah istirahat dibuat kaget dengan suara gemuruh dan disertai getaran yang menguncang rumah mereka.

Selengkapnya... 

2. Pelaku Pernikahan Sedarah di Bulukumba Bayar Saksi dan Imam Rp2,4 Juta

Anasar dan Fitri, pernikahan sedarah saat mealngsungka pernikahan (Fauzan/Liputan6.com)

Pernikahan sedarah yang dilakukan Ansar (32) dan Fitri (21) tengah jadi buah bibir. Hervina, istri sah Ansar mengungkapkan bahwa suaminya itu sempat meminta sepupunya untuk menjadi saksi saat ia menikahi adik kandungnya sendiri.

"Mereka itu kan menikah siri, berdasarkan keterangan sepupunya yang juga ikut merantau di Kalimantan, bahwa Ansar sempat memintanya jadi saksi, tapi ditolak," kata Hervina, Rabu, 3 juli 2019.

Lantaran kebingungan mencari saksi, lanjut Hervina, Ansar pun membayar orang lain sebesar Rp2,4 juta untuk menjadi saksi dan imam nikah atas pernikahan dirinya dengan adik kandungnya sendiri.

Selengkapnya...

3. Pos Polisi Siluwok Kulon Progo Ditembak Orang Tak Dikenal

Ilustrasi Foto Penembakan (iStockphoto)

Pos Polisi Siluwok, Kecamatan Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya Jalan Nasional Yogyakarta-Purworejo Kilometer 35 ditembak orang tidak dikenal pada Kamis, 4 Juli 2019, sekitar 04.00 WIB.

Salah satu saksi kejadian, Marsono di Kulon Progo mengatakan saat kejadian dirinya berada di samping Pos Polisi. Namun, dirinya tidak mengetahui kalau itu ada sebuah tembakan.

Marsono mengatakan pelaku yang menembak Pos Polisi Siluwok sebanyak dua orang menggunakan sepeda motor. Dia mengatakan semula pelaku dari arah barat ke timur, sampai Jembatan Siluwok balik arah ke barat.

Selengkapnya...

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.