Sukses

Wali Kota Se-Indonesia Berkumpul di Semarang, Ada Apa?

Makan malam para Wali Kota se-Indonesia ini dihibur oleh Ari Lasso.

Liputan6.com, Semarang - Wali Kota se-Indonesia berkumpul di kota Semarang. Mereka mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Se-Indonesia (Apeksi). Dalam Welcome Dinner Apeksi XIV Tahun 2019 di The Renaissance Ballroom, Graha Candi Golf di Kawasan Bukit Panorama, Jangli, Kecamatan Tembalang Semarang, Rabu (02/09/2019).

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang menjadi tuan rumah, mengucapkan selamat datang kepada para tamu. Hendi optimis, kedatangan Wali Kota se-Indonesia ini mampu dan bisa menyelesaikan masalah yang dimiliki oleh masing-masing pemerintah Kota.

"Saya rasa persoalan masing-masing Pemerintah Kota hampir sama. Tinggal kita komunikasikan lebih intens, ada daerah yang mampu menyelesaikan tantangan A, ada daerah mampu menyelesaikan tantangan B, kita saling isi," kata Hendi. 

Hendi melaporkan kepada pengurus Apeksi ada 90 daerah kota yang terlibat dalam Rakernas Apeksi kali ini. Hanya sebagian kecil saja yang tak bisa hadir dan diwakilkan.

"Bu Airin, saya laporkan, 90 daerah pemerintah kota sudah hadir, 7 Wakil Wali Kota, 2 diwakilkan dan sisanya Walikota hadir secara pribadi. Kami merasa senang, merasa bangga, panjenengan menyempatkan untuk datang ke Kota Semarang, Ibu Kota Propinsi Jawa Tengah, kota dengan jumlah penduduk 1,6 juta jiwa, dengan luas 372,2 kilometer," kata Hendi.

Ketua Dewan Apeksi Airin Rahma Diyanti, dalam sambutanya menyampaikan terimakasih banyak atas sambutan welcome dinner yang luar biasa.

"Ruangan meja terisi penuh. Jadi kita beri aplaus untuk Pak Wali Kota Semarang," ujar Airin.

Wali Kota Tangerang Selatan ini menyatakan jika ada sebagian yang sengaja menggunakan jalur darat, yaitu jalur tol menuju ke Kota Semarang. Banyak jajaran Pemerintah Kota menuju ke Kota Semarang baik dari Banten, Jabar dan gunakan jalan tol.

"Ada Walikota Cimahi yang katanya menggunakan jalur darat. Menggunakan mobil pribadi menggunakan jalan darat untuk mencoba jalan tol," ujarnya.

Airin juga menyinggung, terkait tol yang sempat diungkap Hendi di media sempat viral dan menjadi kabar berita yang luar biasa.

"Jadi, Pak Hendi, pilpresnya sudah selesai, sekarang sudah boleh menggunakan jalan tol. Siapapun boleh menggunakan tol. Jadi viral Pak Wali persoalan itu sangat luar biasa. Selesai sudah Pilpres, mari kita menyambut, menyongsong, tugas kita sebaik-baiknya dengan sisa masa jabatan yang kita punyai," terangnya.

Airin berharap, dirinya selaku Ketua Apeksi Rakernas di Semarang berjalan dengan lancar dan segala rangkaian kegiatan akan dilalui dengan baik.

Simak video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.