Akrobat Mustika Ratu Bertahan dari Gempuran Kosmetik Online

Oleh Dewi Divianta pada 29 Jun 2019, 22:00 WIB
Diperbarui 29 Jun 2019, 23:15 WIB
Mooryati Soedibyo

Liputan6.com, Denpasar Di masanya, produk kosmetik Mustika Ratu hampir tak ada yang menandinginya. Ya, semua lini yang berkaitan dengan kecantikan wanita, mulai dari ujung kepala hingga kaki dikuasai oleh Mustika Ratu.

Mulai bangun tidur hingga hendak kembali ke peraduan, Mustika Ratu selalu memanjakan wanita Indonesia.

Kini, seiring berkembangnya teknologi online yang memungkinkan setiap orang mendapatkan informasi lebih banyak mengenai produk kecantikan di dunia, Mustika Ratu mendapatkan tantangan serius.

Namun, mereka mampu bertahan dari gempuran produk lain yang banyak dijual secara online. Apa kiat Mustika Ratu menghadapi persaingan yang semakin ketat?

Presiden Direktur Mustika Ratu sekaligus pemilik usaha ini, BRA Mooryati Soedibyo menjelaskan, ada dua hal penting yang membuat produknya tetap bertahan hingga kini.

Pertama, katanya, metamorfosa Mustika Ratu dari sekadar produk kecantikan menjadi produk kecantikan berbasis teknologi kesehatan.

"Dia bukan hanya sekadar produk kecantikan saja, namun juga sudah menjadi produk kesehatan yang berbasis online. Kami melakukan penelitian serius terhadap produk kecantikan yang diproduksi, sehingga menambah kepercayaan pelanggan terhadap produk Mustika Ratu," kata BRA Mooryati Soedibyo saat berbincang dengan Liputan6.com.

Kedua, mendekatkan diri dengan konsumen adalah kunci utama Mustika Ratu tetap bertahan dan mendapat kepercayaan publik. Menurutnya, konsumen tak hanya perlu mendapatkan penjelasan produk dengan detail, namun juga mencoba langsung produk tersebut.

"Hingga kini kami tetap mempertahankan toko atau gerai agar pelanggan mendapatkan informasi utuh tentang produk kita, sekaligus bisa mencoba langsung. Itu bisa dilakukan di toko atau gerai. Kalau online kan hanya foto saja," papar dia.

Kendati begitu, Mooryati Soedibyo tak menampik jika perusahaannya juga merambah penjualan online. Hal itu dilakukan untuk menjangkau konsumen dengan gaya hidup yang serba cepat.

"Kami juga hadir secara online. Tetapi, kami juga memberikan penjelasan secara detail, termasuk bagi mereka yang memiliki waktu silakan datang ke gerai kami untuk mencoba langsung produk kami. Jadi, dua jalur ini kami masuki, online dan offline," tuturnya.