Semangkuk Semangat Pagi di Tepi Sungai Musi

Oleh Ahmad Apriyono pada 29 Jun 2019, 06:00 WIB
Mi Celor

Liputan6.com, Palembang - Jika Anda sedang berada di Palembang dan ingin mencari menu sarapan yang unik, singgahlah di Jalan KH Ahmad Dahlan. Pasalnya di jalan pusat Kota Palembang itu ada warung penjual Mi Celor yang terkenal lezat.  

Umumnya penjual Mi Celor membuat sendiri bahan baku mi. Tiap penjual punya formula rasa tersendiri yang berbeda-beda. Selain mi telur, bahan lain yang digunakan antara lain tauge, daging udang, telur, dan kucai. Sementara kuah Mi Celor terbuat dari air rebusan udang yang telah menjadi kaldu.

Untuk lebih menambah citarasa ditambahkan juga merica, jeruk limo, serai, garam, gula, dan masukkan penyedap rasa sesuai selera.

Cara membuat kaldu Mi Celor juga sangat sederhana. Mulanya didihkan kaldu udang, bersamaan dengan itu masukan susu, santan, merica, gula, dan garam. Sambil terus diaduk, lalu masukan telur dan terigu secara perlahan-lahan tanpa berhenti mengaduk. Aduk terus hingga kuah menjadi kental dan mendidih, lalu tambahkan dengan penyedap rasa sesuai selera.

Setelah kuah selesai dibuat, kemudian masuk ke dalam proses penyajian. Dalam proses penyajian, mi telur bersama dengan tauge direndam di dalam air mendidih terlebih dahulu. Setelah direndam, hidangkan ke dalam piring lalu siram kuah Mi Celor. Tambahkan potongan telur rebus, lalu taburkan bawang goreng dan daun bawang yang diiris tipis. Mie Celor siap untuk disantap.

Mi Celor oleh kebanyakan masyarakat Kota Palembang kerap dijadikan sebagai menu favorit saat sarapan. Harganya yang terjangkau, serta nilai gizinya yang tinggi menjadi pertimbangan mengapa masyarakat Kota Palembang memilih kuliner unik ini sebagai menu sarapan mereka. Apalagi penjualnya banyak di temukan di jalan-jalan di tepi Sungai Musi itu.

 

Simak juga video pilihan berikut ini: