Motif 'Ada Udang di Balik Batu' Sang Tetangga Bikin Raib Sepeda Motor

Oleh Yandhi Deslatama pada 28 Jun 2019, 19:00 WIB
Polisi Ringkus Residivis Berkongsi dengan Ibu Rumah Tangga Curi Motor

Liputan6.com, Serang - Muhammad Sodiq, kehilangan sepeda motornya pada bulan Ramadan 2019 silam. Motornya dibawa kabur oleh tetangganya berinisial S (27).

Namun, pada Rabu, 26 Juni 2019, lalu, saat Sodiq menunggu bus di terminal Pakupatan, dia melihat S menaiki sepeda motor miliknya.

Sontak saja, Sodiq berteriak 'maling' ke arah S hingga mengundang perhatian warga. S pun menjadi sasaran warga. Begitu tertangkap, warga memberi bogem mentah kepada S hingga bonyok.

"Bawa kabur (mencuri) motornya sudah lama, pas bulan puasa. Tadi pas ketemu di terminal, saya kejar dan tangkap dibantu sama warga," kata Sodiq, saat ditemui di Polsek Walantaka, Polres Serang Kota, Kota Serang, Banten.

S, pria asal Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, Banten, mengaku kerap mencuri sepeda motor dan uang.

Pelaku dan korban merupakan tetangga di Perumahan Bumi Ciruas Permai (BCP). Bahkan, saat residivis ini akan mencuri kendaraan milik Sodiq, S datang ke rumah korban dengan sopan.

S memberi pakaian baru buat Sodiq di rumahnya. Usai berbincang, S meminjam sepeda motor Sodiq di Perumahan Bumi Ciruas Permai (BCP).

Setelah dipinjami korban, S yang baru sekitar tiga bulan bebas dari Lapas Klas II Serang ini, membawa kabur sepeda motor tetangganya tersebut.

"Jadi pas mau lebaran, korban saya kasih baju baru. Terus saya pinjam motornya. Saya bilang mau ambil celana buat saya kasih juga," kata S di tempat yang sama.

Sebelum nyawanya melayang dihakimi massa, petugas kepolisian dari Polres Serang Kota yang sedang memeriksa kendaraan di Terminal Pakupatan untuk mencegah massa aksi berangkat ke Jakarta, berhasil mengamankan pelaku.

"Awalnya memang laporan di sini (Polsek Walantaka), makanya korban bawa pelaku ke sini. Namun, setelah kita kroscek, ternyata TKP-nya masuk di wilkum (wilayah hukum) Polsek Ciruas, jadi kita serahkan masalah hukumnya ke Polsek Ciruas," ujar Iptu Suroso, Kanit Reskrim Polsek Walantaka, saat ditemui di kantornya.

 

Simak video pilihan berikut ini