Wisman Asal Thailand Tewas Terjatuh di Pulau Padar Labuan Bajo

Oleh Ola Keda pada 25 Jun 2019, 17:00 WIB
Wisman Asal Thailand Tewas Terjatuh di Pulau Padar Labuan Bajo

Liputan6.com, Kupang - Seorang wisawatan mancanegara atau wisman asal Thailand meninggal dunia di Pulau Padar, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT, Minggu, 23 Juni 2019.

Wisatawan bernama Norathep Vanapirome (69) itu meninggal dunia saat mendaki ke puncak Pulau Padar. Ia sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama Komodo, tetapi nyawanya tidak bisa tertolong.

Kapolres Mabar AKBP Julisa Kusumowardono membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan, korban merupakan warga negara Thailand yang meninggal pada saat mendaki di Pulau Padar sekitar jam 10.30 Wita.

Korban datang bersama teman-temannya dalam satu rombongan berjumlah 16 orang di Labuan Bajo. Mereka mengawali perjalanannya ke Pulau Rinca, lalu mendaki ke puncak Pulau Padar untuk menikmati keindahan kawasan itu.

Dalam pendakian di tengah perjalanan, Norathep jatuh diduga karena kelelahan dan akhirnya meninggal dunia.

"Saat terjatuh, sejumlah orang yang ada di lokasi itu langsung menolong Mr Norathep dan mengangkatnya dengan menggunakan tandu untuk kembali ke Pantai Padar. Selanjutnya dievakuasi menggunakan speed boat dan diantar ke RSUD Komodo di Labuan Bajo," ujar Julisa kepada Liputan6.com, Senin, 24 Juni 2019.

Salah seorang pelaku pariwisata di Mabar, Matheus Siagian meminta BTNK menyiapkan klinik kesehatan di Pulau Padar mengingat pengunjungnya terus bertambah.

"Jika ada kejadian serupa atau ada wisatawan yang membutuhkan pertolongan kesehatan tidak harus datang ke Labuan Bajo," katanya.

 

Simak video pilihan berikut ini: