Sukses

Kronologi Tiga Pengunjung Air Terjun di Langkat Tewas Tertimpa Longsor

Penyebab longsor diduga disebabkan oleh faktor cuaca, yakni tingginya curah hujan di sejumlah daerah di Sumut dalam beberapa hari terakhir.

Liputan6.com, Langkat - Bencana longsor melanda pemandian alam air terjun Pulau VUI Pantai Salak di Dusun Kwala Gebuk, Desa Namo Sialang, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut). Tiga orang pengunjung tewas akibat tertimpa material longsor.

Kasubag Humas Polres Langkat, AKP Arnol Hasibuan mengatakan, ketiga korban tewas merupakan warga Kota Medan atas nama Irham Efendy Lubis (38) warga Jalan Baut, Marelan, Medan, Raedah (37) warga Jalan Istiqomah, Helvetia Medan, dan Rahel Qori (9) warga Jalan Baut, Marelan.

"Ketiga korban telah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Tanjung Selamat untuk dilakukan visum," kata Arnol, Minggu (23/6/2019).

Arnol menuturkan, peristiwa bermula ketika para korban sedang mandi di bawah air terjun. Tiba-tiba sekitar pukul 13.30 WIB, bebatuan dari atas dinding air terjun jatuh dan menimpa para korban yang sedang mandi.

"Para korban yang sedang mandi itu meninggal dunia di lokasi," tuturnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Langkat Irwan Syahri menyebut, untuk sementara penyebab longsor diduga disebabkan oleh faktor cuaca, yakni tingginya curah hujan di sejumlah daerah di Sumut dalam beberapa hari terakhir.

"Apalagi, di lokasi kejadian hujan deras sering melanda dalam beberapa bulan ini. Kita juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati saat liburan, tetap waspada, dan utamakan keselamatan," ujarnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

  • Langkat