Sukses

Meriahnya Emak-Emak Rayakan Ulang Tahun Jokowi di Pasar Gede Solo

Emak-emak yang tergabung dalam Komunitas Srikandi Indonesia merayakan ulang tahun Presiden Jokowi dengan memotong nasi tumpeng di Pasar Gede Solo

Liputan6.com, Solo - Sejumlah warga Solo merayakan ulang tahun ke-58 Presiden Jokowi yang jatuh pada hari ini, Jumat, (21/6/2019). Peringatan ulang tahun mantan Wali Kota Solo itu ditandai dengan pembagian nasi tumpeng kepada pengunjung Pasar Gede Solo.

Warga yang berinisiasi menggelar syukuran ulang tahun Presiden Jokowi di Pasar Gede itu adalah emak-emak dari Komunitas Srikandi Indonesia. Mereka menyiapkan 10 tumpeng yang diletakkan di depan pintu masuk pasar peninggalan Keraton Kasunanan Surakarta.

Pentas tari yang menampilkan tokoh wayang Srikandi dan Cakil itu menjadi pembuka perayaan ulang tahun sang presiden. Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan doa bersama untuk mendoakan mantan Gubernur DKI Jakarta itu supaya tetap diberi kesehatan, umur panjang, dan kekuatan dalam menjalankan tugas sebagai Presiden untuk periode kedua nanti.

Kegiatan perayaan ulang tahun di depan Pasar Gede itu menjadi pusat perhatian para pengunjung pasar dan warga yang melintas depan kawasan pasar itu. Mereka pun tak sedikit yang berhenti dan mendekat untuk ikut memeriahkan acara ulang tahun Presiden ke-7 itu.

Saat mendekati prosesi pemotongan tumpeng, warga dan pengunjung pasar pun mulai mengerubungi meja panjang yang di atasnya terdapat 10 tumpeng. Sembari diiringi lagu 'ulang tahun' milik grup band Jamrud, emak-emak anggota Komunitas Srikandi Indonesia memotong tumpeng dan membagikannya kepada pengunjung pasar dan warga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Ulang Tahun untuk Presiden

Ketua Komunitas Srikandi Indonesia, Yanti Rukmana mengatakan acara tersebut sengaja digelar untuk memperingati hari ulang tahun ke-58 Presiden Jokowi yang jatuh pada hari ini, Jumat, 21 Juni 2019. Kegiatan tersebut digelar dengan mengajak para pedagang Pasar Gede untuk ikut serta merayakan ulang tahun mantan Wali Kota Solo itu.

"Kami mengucapkan selamat ulang tahun dan juga berdoa buat Bapak Jokowi. Semoga Pak Jokowi selalu diberi panjang umur, kesehatan dan kekuatan dalam memimpin negara ini," kata dia, Jumat, 20 Juni 2019.

Sementara itu salah seorang warga, Siti Nuriyah mengaku sangat senang karena bisa memperoleh nasi tumpeng dalam perayaan ulang tahun Jokowi di Pasar Gede.

"Ini tadi dapat nasi tumpeng dari ibu-ibu yang membagikan tadi. Ya, rasanya bahagia sekali bisa ikut merayakan ulang tahun Pak Jokowi di sini," ujarnya bangga.

Dalam kesempatan itu, Nuriyah juga ikut mendoakan agar Presiden Jokowi diberikan kesehatan, kesabaran dalam memimpin negara ini. Tak hanya itu, ia juga berharap Jokowi tetap merakyat dan sederhana.

"Mudah-mudahan Pak Jokowi dalam mengurusi negara itu lancar semuanya. Bisa memimpin sampai akhir masa jabatannya nanti," ujarnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.