Pesawat Malindo Tergelincir, Bandara Husein Sastranegara Ditutup Sementara

Oleh Huyogo Simbolon pada 20 Jun 2019, 22:00 WIB
Diperbarui 20 Jun 2019, 22:00 WIB
Malindo Air Tergelincir

Liputan6.com, Bandung Pesawat Malindo Air rute Bandung-Kuala Lumpur tergelincir di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (20/6/2019) siang. Akibat kejadian ini, penerbangan di bandara tersebut ditutup sementara.

Executive General Manager Bandara Internasional Husein Sastranegara Andika Nuryaman menyebutkan, insiden tergelincirnya pesawat Malindo Air bernomor penerbangan OD-301 sebelum take off menyebabkan gangguan terhadap penerbangan.

"Sementara di-off kan, tidak ada penerbangan dari Bandung maupun keluar Bandung," kata Andika, Kamis (20/6/2019).

Menurutnya, seluruh penerbangan lepas landas dari bandara tersebut tidak bisa dilakukan. Sedangkan pesawat yang akan tiba dialihkan pendaratannya ke Bandara Halim Perdanakusuma dan Soekarno-Hatta.

"Kalau perkiraan kami tidak bisa bilang jam berapa kenyataannya bahwa tim KNKT sedang meluncur ke Bandung dan tim dari teknik sedang evakuasi," katanya.

Untuk penumpang yang batal berangkat dapat melakukan refund kepada pihak airlines yang dituju.

"Info dari airlines mereka diberikan kebebasan untuk merefund, ada juga yang tidak jadi berangkat hari ini sehingga mereka punya sop untuk pesawat delay," ujarnya.

Sebelumnya, pesawat Malindo Air rute Bandung-Kuala Lumpur bernomor penerbangan OD-301 mengalami posisi keluar dari landas pacu atau runway excursion. Kejadian tersebut terjadi pada saat pesawat akan berbelok sebelum lepas landas di Bandara Internasional Husein Sastranegara.

Seluruh kru dan penumpang dinyatakan selamat dan telah dievakuasi.

Simak video pilihan di bawah ini: