Sukses

Misteri Mortir yang Ditemukan Tak Sengaja di Lemari Warga Cilacap

Tak sengaja matanya terantuk pada benda aneh mirip mortir. Ukurannya tak begitu besar, hanya kisaran 30-40 sentimeter

Liputan6.com, Cilacap - Warga di Jalan Masjid RT 29 RT 29/1, Kelurahan Sidanegara Kecamatan Cilacap Tengah, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah geger oleh penemuan benda diduga mortir di rumah salah satu rumah warga, Budiarti, Selasa, 18 Juni 2019 pagi.

Mortir itu ditemukan oleh Endang (49), yang tak lain adalah anak Budiarti. Endang kini tinggal di Desa Karangrahu, Kecamatan Sokaraja, Banyumas, dengan keluarganya.

Ceritanya, Endang yang tengah berkunjung ke rumah orang tuanya itu tengah bersih-bersih rumah. Sebentar lagi rumah itu bakal direnovasi.

Tentu saja, banyak benda atau barang-barang yang mesti dipindah sebelum renovasi tersebut. Makanya, Endang pun mulai membongkar dan membersihkan lemari.

Saat itu lah, tak sengaja matanya terantuk pada benda aneh mirip mortir. Ukurannya tak begitu besar, hanya kisaran 30-40 sentimeter. Itu terjadi sekitar pukul 08.30 WIB.

Benda itu terbuat dari besi yang nampak sudah berkarat. Sementara, ekor benda diduga mortir itu ada semacam sayap melingkar. Bagian tubuh mortir berwarna cokelat, adapun ekornya berwarna kuning kusam.

Terpicu penasaran, Endang lantas memindah benda itu ke halaman. Barangkali ia khawatir benda diduga mortir itu bakal meledak jika tetap berada di dalam lemari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Polisi Selidiki Pemilik Mortir

Ia juga melaporkan temuan itu kepada tetangga yang lantas meneruskannya ke RT dan RW, serta kepolisian. Segera saja, warga Jalan Masjid yang biasanya adem ayem itu menjadi ribut oleh temuan ini.

"Endang membersihkan rumah milik ibunya yang rencananya akan diperbaiki dan saat membersihkan lemari bufet ditemukan benda yang diduga mortir," kata Kapolsek Cilacap Tengah, AKP Aceng Rohman.

Mendapat laporan temuan ini, personel Polsek Cilacap Tengah segera mendatangi rumah Budiarti. Polisi memasang garis polisi dan segera menyita benda tersebut.

Untuk mengantisipasi bahaya yang ditimbulkan, Polsek Cilacap tengah menindaklanjuti temuan ini ke Polres Cilacap dan meminta bantuan Tim Gegana Brimob Polda Jateng.

Saat ini kepolisian masih mendalami temuan benda diduga mortir tersebut. Belum diketahui siapa pemilik benda itu dan apa motif yang melatarbelakangi penyimpanan benda diduga mortir ini.

Kepolisian masih memeriksa sejumlah saksi yang diketahui mengetahui mortir ini. Polsek Cilacap Tengah juga masih menunggu penanganan mortir oleh Tim Gegana.

Sementara ini, mortir disimpan dalam wadah yang dilengkapi dengan pasir pengaman. Ini akan menurunkan risiko ledakan jika benda diduga mortir tersebut masih aktif.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.