Sukses

Pesawat Jet Pindah Terbang dari Bandara Husein ke Kertajati Majalengka

Sejumlah perusahaan penerbangan kabarnya tengah bersiap memindahkan rute maskapai mereka dari Bandung ke Kertajati Majalengka.

Liputan6.com, Majalengka - Aktivitas penerbangan di Bandara Husein Sastranegara Bandung akan pindah ke BIBJ Kertajati Kabupaten Majalengka.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, perpindahan operasional maskapai dari Bandara Husein ke BIJB Kertajati tengah dalam proses. Paling lambat 1 Juli 2019 mendatang Bandara Kertajati Majalengka sudah beroperasi.

"Secara prosesnya memang bertahap ya. Ada yang tanggal 20, 23 Juni tapi kami pastikan 1 Juli sudah pindah semua penerbangan khususnya domestik," kata dia saat meninjau kesiapan Bandara Kertajati, Selasa (18/6/2019).

Dia mengatakan, pemerintah pusat komitmen mengatur semua stake holder agar pelayanan di kertajati ini menjadi baik. Maskapai yang akan beroperasi di Bandara Kertajati Majalengka menggunakan pesawat jenis Jet.

Di Bandara Kertajati akan ada 28 take off dan 28 landing. Secara keseluruhan akan ada lebih dari 50 penerbangan pindah dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati.

"Sedangkan yang tetap di Bandung semuanya pesawat propeler atau baling-baling dan penerbangan ke luar negeri yang totalnya sekitar 32 take off dan 32 landing, berarti totalnya 64. Itu bagian yang sudah kita sepakati," sebut Budi.

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti mengatakan, akan ada 56 pergerakan pesawat yang beroperasi di Bandara Kertajati Majalengka.

Maskapai tersebut melayani penumpang ke sejumlah daerah sesuai rute penerbangan di Bandara Husein Bandung. Seperti Banjarmasin, Bali, Kualanamu, Lombok, Pekanbaru, Pontianak, Ujung Pandang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rute Baru

"Pesawat dari Bandung khususnya yang menggunakan jet akan pindah ke sini ada 28 pergerakan kali 2 jadi ada 56 pergerakan di Kertajati. Ada Lion Air, Air Asia, Garuda Indonesia Sriwijaya dan semua yang dari Bandung pindah ke Kertajati," ujar dia.

Dia mengatakan, dimungkinkan akan ada penambahan rute baru. Luasnya Bandara Kertajati menjadi alasan untuk dibukanya rute baru.

"Karena slot nya masih cukup banyak dan kalau di Bandung bandaranya kecil jadi aspek safety untuk pesawat jet tidak masuk. Untuk pesawat berbadan lebar memang sebaiknya di Kertajati," kata dia.

Terpisah Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan akses jalan menuju Bandara Kertajati akan selesai.

"Kami target secepatnya akses ke Kertajati selesai sehingga tidak ada yang dipermasalahkan lagi kedepannya," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.