Sukses

Klarifikasi Sinka Zoo Singkawang soal Viral Beruang Madu Kurus

Pengelola Sinka Zoo, Tanjung Bajau Singkawang mengatakan, beruang madu yang kurus tersebut didapatkan dari kebun binatang Pontianak.

Liputan6.com, Singkawang - Pengelola Sinka Zoo, Tanjung Bajau Singkawang akhirnya memberikan keterangan mengenai kondisi beruang madu yang kurus dan sempat viral di media sosial. Pihak kebun binatang menyatakan bahwa satwa tersebut dalam kondisi sehat.

"Sebenarnya beruang madu tersebut sudah kita karantina dan itu berkat permintaan dari Balai Konservasi Wilayah III Singkawang," kata salah satu tim kesehatan Sinka Zoo Singkawang, Ruby Hadi Saputra, memberikan klarifikasi kepada wartawan di lokasi di Singkawang, Sabtu, 15 Juni 2019, dilansir Antara.

Dalam pemberian klarifikasi itu juga dihadiri pihak Balai Konservasi Wilayah III dan Pemkot Singkawang.

Jika dilihat secara fisik, kata dia, beruang madu yang sempat viral di medsos tersebut terlihat segar, pola makan juga tidak ada perubahan, sedangkan segi kotoran juga tidak ada perubahan alias normal.

"Bentuknya masih normal, tidak ditemukan diare atau cairan dan sebagainya," ujarnya.

Oleh karena itu, Sinka Zoo Singkawang memberikan kesimpulan bahwa beruang madu tersebut sehat. Namun, untuk lebih detail mengenai fisik beruang madu tersebut, pihaknya memperlihatkan sosok beruang tersebut dari dekat.

"Teman-teman wartawan juga bisa langsung melihat kondisi bulu maupun fesesnya. Jadi kita buka semua, sehingga tidak ada yang ditutup-tutupi dari fakta yang ada," ungkapnya.

Dia mengatakan beruang madu yang kurus tersebut didapatkan dari kebun binatang Pontianak.

"Berdasarkan data, dia (beruang madu) dibawa ke Sinka Zoo sejak 12 Maret 2008 silam, sedangkan perpindahannya dari Pontianak ke Singkawang kita tidak tahu berapa umurnya," katanya.

Ia menjelaskan secara fisik, beruang madu itu dari Pontianak sudah terlihat tidak gendut. Walaupun gendut atau kurus bukan menjadi suatu indikasi kesehatan. Bahkan, gendut pun bisa jadi dikategorikan tidak sehat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kondisi Beruang Madu dan Lingkungannya

Berkaitan dengan beruang madu yang kurus dan sempat viral di medsos itu, diketahui jika saat ini sudah berusia 11 tahun.

"Artinya beruang madu ini sudah sangat tua, ditandai dengan giginya yang sudah banyak lepas. Meski demikian, kulitnya kelihatan sangat cerah dan tidak ada indikasi cacingan dan sebagainya," katanya.

Hanya saja, dia menambahkan, setelah dikarantina seperti itu beruang madu tersebut lebih stres. Karena, jika ditempatkan di kandang asalnya sudah dibuat tempat yang nyaman.

"Artinya satu tempat untuk dia sendiri, supaya makanan yang dia konsumsi akan cukup. Tetapi jika digabung dengan beruang-beruang yang lain, dikhawatirkan dia akan kalah konsumsi," ujarnya.

Dia menjelaskan kandang asal beruang madu tersebut cukup luas, yakni 5x5 meter. Berbeda dengan kandang karantina yang sekarang ini hanya 1,5x2 meter.

"Kita karantina sejak dua hari yang lalu dan itu karena berdasarkan permintaan dari KSDA. Namun setelah ini, rencananya dipindahkan lagi ke kandang asalnya karena memang secara fisik dia sehat," katanya.

Di samping itu, pihaknya juga rutin dalam memberikan obat cacing dalam tiga atau empat bulan sekali, kemudian tiap bulan diberikan vitamin dan melihat kondisi di lapangan apabila dia butuh antibiotik maka diberikan.

"Intinya kita sudah siap semua kok, karena kita kan sudah lama di sini," katanya.

Menurutnya, apa yang dilakukan pihak Sinka Zoo Singkawang merupakan suatu keberhasilan. Karena dari Pontianak badannya kurus, tetapi sampai 11 tahun dia masih hidup.

"Harusnya itu kan suatu keberhasilan. Beda kalau dia mati dalam satu atau dua tahun setelah dipindah," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Imbauan untuk Warganet

Dengan viralnya video beruang madu yang kurus tersebut di medsos, dia berpesan kepada pengunjung untuk bisa menggunakan telepon pintar dengan bijak.

"'Smartphone' itu kan ponsel pintar, jadi penggunanya juga harus pintar. Jangan sampai kita diperdaya oleh ponsel kita yang pintar. Artinya sebelum mem-posting di medsos usahakan konfirmasi ke karyawan ataupun kipernya terlebih dahulu. Karena kiper lah yang lebih dekat dengan hewan sehingga lebih paham," katanya.

Kasubbag SDA Bagian Perekonomian Sekretaris Daerah Kota Singkawang Indra P Situmorang mengatakan kedatangannya bersama rombongan ke tempat itu guna mengetahui informasi yang sempat viral di media sosial bahkan media cetak dan elektronik.

"Sehingga dari Pemkot Singkawang berinisiatif untuk meng-cross check ke lapangan," katanya.

Dalam cek silang itu, pihaknya melibatkan Dinas Pertanian, Bagian Perekonomian, dan Dinas Pariwisata Singkawang.

"Setelah di-cross check, bahwa kondisi hewan tersebut tidak dalam kondisi sakit. Badan yang kurus karena statusnya sudah tua dan fisiknya memang sudah seperti itu," katanya.

Secara keseluruhan, menurut konfirmasi dari dokter-dokter di Sinka Zoo Singkawang, bahwa kondisi beruang madu tersebut sehat.

"Kesimpulannya bahwa kondisi beruang madu tersebut tidak dalam masalah bahkan ada prestasi baru bahwa hewan satwa di Sinka Zoo ada melahirkan tiga ekor harimau. Ini merupakan prestasi yang harus dibanggakan bahwa pihak pengelola atau managemen betul-betul melakukan penanganan hewan-hewan yang ada di Sinka Zoo," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.