Cara Kopral Bagyo dan Naruto Peringati Hari Donor Darah Sedunia di Solo

Oleh Fajar Abrori pada 14 Jun 2019, 20:30 WIB
Diperbarui 14 Jun 2019, 20:30 WIB
Aksi Kopral Bagyo Peringati Hari Donor Darah Sedunia
Perbesar
Kopral Bagyo, Naruto dan Sabar Gorky menggelar kampanye donor darah kepada masyarakat dalam memperingati Hari Donor Darah Sedunia.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Solo - Kopral Kepala (Purn) Partika Subagyo Lelono atau yang akrab disapa Kopral Bagyo memperingati Hari Donor Darah Sedunia dengan cara unik. Ia mengajak warga Solo untuk berdonor darah lantaran persediaan stok darah di PMI Solo sedang menipis.

Libur panjang lebaran menjadi penyebab berkurangnya persedian darah di PMI Solo, pasalnya jumlah pendonor berkurang pada hari raya tersebut.

Selain itu, jumlah permintaan darah dari Solo dan luar wilayah Solo meningkat sehingga dibutuhkan persediaan kantong darah yang lebih.

Sebagai salah satu anggota PMI Solo, Kopral Bagyo mengajak relawan lainnya seperti pendaki gunung berkaki satu, Sabar Gorky dan tokoh film anime, Naruto untuk kampanyekan donor darah.

Mereka mengajak warga Solo untuk berdonor darah sekaligus memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh tanggal 14 Juni 2019.

Kopral Bagyo mengatakan, kampanye donor darah kali ini dilakukan berbeda karena mengajak sejumlah tokoh nyentrik.

Antaranya, Sabar Gorky serta Naruto. Diharapkan dengan kampanye tersebut warga tergerak untuk mengikuti donor darah pada Hari Donor Darah Sedunia.

"Kita mengajak masyarakat untuk ayo berdonor darah, selain menyehatkan dengan donor darah juga mengamalkan sila kedua Pancasila," kata dia di sela-sela aksi, Kamis, 13 Juni 2019.

Menurut Kopral Bagyo, saat ini persediaan darah di PMI Solo memang sedang menipis lantaran selama libur lebaran ini jumlah pendonor berkurang. Sedangkan jumlah permintaan darah terus mengalir.

"Stok darah PMI Solo sangat minim sehingga saya sebagai salah satu anggota PMI Solo mengajak masyarakat untuk donor darah agar persediaan darah bertambah," ucapnya.

2 dari 2 halaman

Permintaan Darah dari Luar Solo Meningkat

Aksi Kopral Bagyo Peringati Hari Donor Darah Sedunia
Perbesar
Salah satu tokoh anime, Naruto ikut mendampingi warga yang sedang donor darah di mobil PMI Solo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Sementara itu Kepala Unit Donor Darah PMI Solo, Dr Kunthi Dewi Saraswati mengatakan stok darah PMI Solo pada Rabu itu mencapai 945 kantong.

Jumlah tersebut sebenarnya belum menggembirakan karena pasca libur lebaran itu jumlah permintaan darah meningkat.

"Sesudah lebaran ini kita berupaya agar stok darah ini di atas 1.500 hingga 2.000 kantong biar aman. Awal puasa hingga lebaran sebenarnya aman namun saat ini stok darah di luar Solo menipis sehingga 30 persen masuk ke Solo," sebutnya.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat untuk membantu memenuhi stok persediaan darah di PMI Solo. Dengan donor darah maka akan membantu para pasien yang sedang membutuhkan darah.

"Kita bergerak dengan menghubungi kelompok-kelompok donor. Selain itu juga dengan kampanye untuk mengajak masyarakat berdonor darah," tuturnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓