Sukses

Melindungi Warga, Tiga Granat Dikubur Polisi Jambi

Granat sisa Perang Dunia II tidak sengaja ditemukan warga Jambi, Zulkifli, saat mencari kayu bakar.

Liputan6.com, Jambi - Warga Kelurahan Bajubang, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi dibuat geger dengan penemuan tiga unit granat. Lokasi penemuan tersebut langsung didatangi tim Gegana Brimob Polda Jambi.

Granat tersebut awalnya tidak sengaja ditemukan warga sekitar, Zulkifli, saat mencari kayu bakar. Bahan peledak tersebut ditemukan tepat di samping rumah warga RT 14 bernama Melly.

Menurut Kapolsek Bajubang Inspekstur Satu (Iptu) Alpian Ritonga, saksi menemukan granat ini pada hari Minggu (9/6/2019) sore. Zulkifli langsung melaporkan penemuan ini ke Polsek Bajubang Jambi.

"Granat itu dikubur sementara dan dikawal ketat. Menanti kedatangan tim Gegana Brimob Polda Jambi. Ini sesuai prosedur, karena granat yang ditemukan ini adalah sisa peninggalan Perang Dunia II, bukan granat biasa," katanya, Senin (10/6/2019).

Tiga unit granat sisa peninggalan masa pendudukan Belanda ini, sedang diselidiki lebih lanjut oleh tim Gegana Brimob Polda Jambi.

Sedangkan lokasi penemuannya juga masih diamankan oleh kepolisian. Untuk memastikan, apakah masih ada granat lainnya.

"Granat yang ditemukan masih diperiksa oleh tim Gegana Brimob Polda Jambi, apakah masih aktif atau sudah tidak lagi,” ujarnya.

Untuk sementara waktu, granat tersebut diamankan dengan cara dikubur di dalam lubang yang dilapisi media pasir. Tempat penyimpanan tiga unit granat tua tersebut berada di belakang Mapolsek Bajubang Provinsi Jambi.

Tim Gegana Polda Jambi juga akan melakukan pengecekan fisik tiga unit granat tersebut, pada hari Senin ini.

Simak video pilihan berikut:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.