Cara Unik Bersedekah ala Tempat Nongkrong di Malioboro

Oleh Switzy Sabandar pada 10 Jun 2019, 21:00 WIB
Diperbarui 12 Jun 2019, 13:13 WIB
Loko Coffee Shop

Liputan6.com, Yogyakarta - Tempat nongkrong yang memungkinkan pengunjungnya bersedekah memang sudah biasa. Sebagian kafe maupun kedai kopi juga meletakkan kotak sedekah di sebelah meja kasir.

Namun, cara sedekah yang diterapkan Loko Coffee Shop Malioboro tergolong unik dan mungkin baru satu-satunya di Indonesia. Tempat nongkrong yang menjadi bagian dari Stasiun Yogyakarta (Tugu) ini meluncurkan program Menu Sodaqoh.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro mempraktikkan langsung cara bersedekah di tempat nongkrong ini ketika meresmikan program Menu Sodaqoh, Senin (10/6/2019). Ia memilih sejumlah menu sedekah di meja kasir dan langsung membayarnya.

Lalu, nota pembelian ditempelkannya di papan Menu Sodaqoh. Nota itu bisa diambil dan digunakan siapa saja yang membutuhkan dan menukarkannya ke kasir. Si pengguna nota bisa mendapatkan menu makanan atau minuman sesuai dengan yang tertera di nota.

Sedekah ini bisa diakses oleh orang yang membutuhkan. Memang tidak ada persyaratan khusus bagi mereka yang ingin mendapatkan menu ini.

Meskipun demikian, kesadaran diri personal menjadi penting. Sebab, program ini ditujukan bagi mereka yang membutuhkan. Sehingga, apabila masih ada orang mampu yang mengakses menu ini, maka ia cukup malu kepada diri sendiri.

"Ini program yang luar biasa bagus, saya berharap PT KAI tidak hanya mencari keuntungan, tetapi juga mensinergikan keberadaannya dengan lingkungan sekitar," ujar Edi Sukmoro.

Loko Coffee Shop memiliki sekitar 230 menu makanan dan minuman. Akan tetapi hanya sekitar 100 menu makanan dan minuman yang terdaftar dalam Menu Sodaqoh.

Sejumlah menu yang bisa didonasikan di tempat nongkrong ini, meliputi, americano panas, avogato, ayam asam manis, ayam geprek, bakmi goreng jogja, bebek mayor, teh chamomile, cappuccino panas, caramel latte panas, caramel machiato, chicken cordon bleu, dan sebagainya.

2 of 2

Diskon 20 Persen untuk Pelajar

Loko Coffee Shop
Loko Coffee Shop Malioboro merayakan ulang tahun pertama dengan program Menu Sodaqoh (Liputan6.com /Switzy Sabandar)

Loko Coffee Shop Malioboro ini merayakan ulang tahun yang pertama pada 10 Juni 2019. Tempat nongkrong yang terletak di pusat kota Yogyakarta ini beroperasi 24 jam dan tidak pernah sepi dari pengunjung.

Dalam rangka hari ulang tahun, Loko Coffee Shop memberikan promo diskon sebesar 20 persen kepada para pelajar dengan hanya menunjukkan kartu pelajar ke kasir. Tema ulang tahun Back to School juga tampak dalam perayaan ulang tahun Loko Coffee Shop, para pelayan mengenakan seragam SMA.

Selain program Menu Sodaqoh dan diskon untuk pelajar, Loko Coffee Shop juga menggelar barista competition dan mengundang anak panti asuhan untuk ikut merasakan keceriaan di masa liburan sekolah. Para anak yatim mendapatkan paket alat tulis supaya mereka lebih bersemangat dalam menuntut ilmu.

Loko Coffee Shop menjadi salah satu alternatif tempat nongkrong di Yogyakarta. Sesuai namanya, konsep interior di dalam kafe ini tidak jauh dari perkeretapian.

Ornamen-ornamennya mirip dengan kondisi di dalam kereta api. Meja dan kursi terbuat dari kayu bekas bantalan rel kereta api. Selain di Malioboro, Loko Coffee Shop juga terdapat di Stasiun Lempuyangan, Gubeng, Semarang, dan Kutoarjo.

Simak video pilihan berikut:

Lanjutkan Membaca ↓