Alasan Emir Qatar Rela Menginap di Flores Timur NTT

Oleh Ola Keda pada 09 Jun 2019, 11:00 WIB
Kapal Pesiar Emir Qatar

Liputan6.com, Kupang - Setelah tiba di Maumere, Kabupaten Sikka, Emir Qatar Syekh Tamir bin Hamad Al-Tsani berkunjung ke Flores Timur, Sabtu (8/6/2019). Di Flores Timur, Syekh bersama rombongannya berkunjung ke Lamakera, Desa Watobuku, Solor Timur.

"Beliau rencana inap di Lamakera entah dalam kapal pesiar mewahnya atau di perkampungan," ujar Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli kepada Liputan6.com, Sabtu (8/6/2019).

Agustinus mengatakan, kehadiran Emir Qatar bisa membuat wisata Flores Timur semakin terkenal di dunia, yang berimbas pada meningkatnya kunjungan wisata ke Flores. 

Kehadiran Syekh menurut dia, secara moril dan moral membuat umat muslim di Flores Timur merasa dihargai dengan kehadiran tokoh muslim dunia.

"Kita bangga, Emir Qatar mau datang di Flores Timur. Secara sosiologis dan ekonomi pasti beliau siap membantu kegiatan sosial masyarakat di Lamakera dan Flores Timur umumnya, karena beliau memang kaya dan suka beramal," katanya.

"Ketua Komisi VIII DPR RI, Ali Taher dan anggota DPR RI, Ahmad Yohan yang juga adalah putra Lamakera hadir juga di sana," tambahnya.

Agustinus juga mengatakan, Lamakera merupakan pusat peradaban penyebaran Islam di NTT. Di desa ini, terdapat sebuah masjid termegah di NTT. Selain itu, ada juga ikan Parimanta jenis Moku yang di dunia hanya terdapat di dua tempat dan satunya ada di Indonesia, yakni di Lamakera, Flores dan sekarang dalam pendampingan Yayasan Misol dari Amerika.

Flores Timur yang mayoritas penduduknya beragama Katolik, namun terkenal dengan kota yang toleransinya tinggi. Kota yang dijuluki kota Reinha ini mendunia dengan wisata rohaninya, Semana Santa. 

Emir Qatar sendiri tiba dengan jet pribadi Jumat (7/6/2019) pukul 13.15 WIT di Bandara Frans Seda Maumere. Ia menuju Pelabuhan  KSOP  Lorens Say, Maumere melakukan pelayaran dengan yacht super mewah membawanya ke kawasan konservasi Teluk Maumere.

Menurut informasi, Emir Qatar akan menghabiskan waktu selama beberapa hari menikmati  wisata maritim di perairan Pulau Flores, Lembata dan Alor. Jet pribadi yang membawanya dari Bali ke Maumere masih parkir di appron Bandara Frans Seda, Sabtu siang. 

 

Simak juga video pilihan berikut ini: