Air Terjun Tumpak Sewu, Niagara di Lumajang

Oleh Dian Kurniawan pada 09 Jun 2019, 06:00 WIB
Diperbarui 10 Jun 2019, 23:13 WIB
Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang

Liputan6.com, Lumajang - Air terjun Tumpak Sewu di Lumajang ramai dikunjungi wisatawan saat libur lebaran. Pemandangan yang dihadirkan pun tak kalah indah dengan air terjun Niagara di perbatasan negara Amerika Serikat dan Kanada.

Muhammad Arsal Sahban, salah satu pengunjung menyebutkan, air terjun Tumpak Sewu atau disebut juga Coban Sewu mempunyai ketinggian sekitar 120 meter dan salah satu air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia.

Air terjun Tumpak Sewu memiliki formasi unik karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai sehingga termasuk dalam tipe air terjun Tiered.

Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu berada di dalam lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk di aliran Sungai Glidih yang berhulu di Gunung Semeru.

"Popularitas air terjun Tumpak Sewu sebagai Niagara Jawa Timur bukan tanpa sebab. Lebarnya aliran air terjun ini memang mengingatkan Dolaners pada Niagara Waterfall," tutur Arsal, beberapa waktu lalu.

Air Terjun Tumpak Sewu berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Biasanya, untuk menuju air terjun Tumpak Sewu dijangkau melalui Kabupaten Lumajang lewat jalan nasional rute 3 lintas selatan Jawa Timur.

Jika berangkat dari Malang, bisa memilih rute perjalanan Bululawang – Dampit – Tirtomoyo – Pronojiwo - perbatasan Lumajang dan Malang.

Setelah sampai di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, wisatawan akan melihat pintu masuk obyek wisata air terjun Tumpak Sewu di tepi jalan. Jalan tersebut cuku lebar yang mampu dilintasi dua mobil.

"Wisatawan bisa langsung parkir di tempat wisata air terjun Tumpak Sewu. Bus-bus dengan rute Lumajang - Malang atau sebaliknya biasanya beroperasi mulai pukul 07.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 16.00 WIB," ucapnya.

2 of 2

Arung Jeram

Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang
Air Terjun Tumpak Sewu di Lumajang (Liputan6.com/Dian Kurniawan)

Selain Air Terjun Tumpak Sewu, di sekitar lokasi ada juga wisata permainan arum jeram. Dan bagi pecinta Jeep juga ada wisata jalur offroad di lereng gunung semeru.

"Wisatawan tidak hanya disajikan wisata mata saja tapi juga ada wisata adrenalin. Dengan banyaknya tempat wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Lumajang, maka Lumajang semakin terkenal di dalam negeri maupun luar negeri," ujarnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Kapolres Lumajang ini menyampaikan, keindahan air terjun Tumpak Sewu yang sangat indah ini mengundang wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang ingin melihat langsung Air terjun Niagara versi Indonesia.

"Dengan banyaknya wisatawan yang datang membuat Polres Lumajang juga selalu turun ke lokasi guna memberikan rasa aman dan tenang bagi para wisatawan," kata Arsal.

Air terjun Tumpak Sewu ini memang sangat mempesona keindahannya tak heran banyak sekali wisatawan yang datang, pihaknya akan membantu agar obyek wisata Tumpak Sewu atau Niagara-nya Indonesia ini selalu aman dan kondusif.

"Karena semakin maju pariwisata pasti akan menyerap masyarakat sekitar untuk bekerja di bidang pariwisata seperti penyedia homestay, pemandu wisata, penyedia transportasi, pedagang sekitar obyek wisata. Sehingga secara tidak langsung akan menurunkan kriminalitas khususnya street crime di wilayah tersebut,” ucap Arsal.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓