Arus Mudik Pantura Pekalongan dan Tol Batang - Semarang Ramai Lancar

Oleh Liputan6.com pada 02 Jun 2019, 16:35 WIB
Diperbarui 02 Jun 2019, 16:35 WIB
Pemudik Lewati Jalur Tol Fungsional Batang-Semarang

Liputan6.com, Pekalongan - Arus mudik di sepanjang jalur pantai utara Kota Pekalongan-Semarang dan Tol Batang-Semarang pada H-3 Lebaran 2019 terpantau ramai lancar meski volume kendaraan mengalami peningkatan.

Berdasarkan pantauan di pos pelayanan (Pospam) Taman Hiburan Rakyat (THR) Kota Pekalongan, Jawa Tengah, arus lalu lintas kendaraan dari arah barat (Jakarta) menuju timur (Semarang) melaju dengan kecepatan sekitar 40 kilometer per jam.

Kendati demikian, arus mudik Lebaran ini sempat menimbulkan antrean kendaraan relatif cukup panjang pada jam tertentu di jalur perlintasan kereta api (KA) Jalan KH Mansyur, Bendan.

"Kepadatan arus mudik pada Minggu (2/6) siang, masih terpantau lancar meski pada jam-jam tertentu rawan menimbulkan antrean kendaraan di perlintasan KA Jalan Mansyur," kata Kepala Subbagian Humas Polres Pekalongan Kota Iptu Suparji saat memantau di Pos Pelayanan THR Pekalongan, Minggu (2/6/2019) dilansir Antara.

Ia mengatakan, sejumlah titik yang semula dinilai rawan menimbulkan kemacetan seperti perempatan lampu lalu lintas Grogolan hingga jembatan Kalibanger, jalan protokol dekat mal Matahari, dan jalur keluar Tol Setono Pekalongan, arus kendaraan juga masih lancar.

"Kami menilai arus mudik Lebaran 2019 berjalan lancar, Meski terjadi peningkatan volume kendaraan di jalur pantura namun masih lancar," katanya.

Kepala Pos Pengamanan Alun-Alun Batang Iptu Siswanto mengatakan bahwa kepadatan arus mudik Lebaran di jalur pantura maupun Tol Batang-Semarang pada hari ini masih tetap lancar, belum sampai menimbulkan kemacetan.

"Kepadatan arus mudik Lebaran 2019 yang melalui di jalur pantura belum sampai menimbulkan kemacetan karena pemudik diarahkan melalui tol Trans-Jawa mulai dari arah barat (Jakarta)," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini: