Arus Mudik di Ruas Brebes - Ajibarang Ramai Lancar

Oleh Liputan6.com pada 02 Jun 2019, 15:00 WIB
Ruas jalan Ajibarang-Brebes dikenal sebagai ruas padat kendaraan yang berisiko macet. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Liputan6.com, Brebes - Arus mudik di ruas jalan nasional antara Bumiayu, Kabupaten Brebes, dan Ajibarang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, pada H-3 Lebaran terpantau ramai lancar.

Dari pantauan Antara, di ruas jalan penghubung jalur pantura dengan jalur selatan Jateng pada Minggu (2/6/2019) pagi hingga menjelang siang, arus kendaraan yang datang dari arah Brebes didominasi sepeda motor dari Jakarta dan sekitarnya.

Kendati demikian, arus kendaraan roda empat atau lebih khususnya mobil pribadi berpelat B juga terlihat banyak yang datang dari arah utara.

Sesampainya di simpang tiga Ajibarang, sebagian besar kendaraan pemudik berbelok ke kanan atau selatan menuju jalur selatan Jateng dan sebagian lainnya tetap lurus ke arah timur atau Purwokerto.

Bahkan, tidak sedikit pemudik bersepeda motor maupun mobil pribadi yang berhenti di Pos Pengamanan Lebaran 2019 Kepolisian Resor Banyumas yang berlokasi di simpang tiga Ajibarang untuk sekadar bertanya arah kota tujuan mereka.

Selain itu, petugas Pospam Lebaran 2019 Ajibarang dengan menggunakan pengeras suara, tidak segan-segan mengingatkan pengendara sepeda motor untuk tetap mengutamakan keselamatan. Agar arus mudik juga lancar.

Terkait dengan kondisi arus kendaraan di ruas jalan tersebut, Perwira Pengendali Pospam Lebaran 2019 Ajibarang Iptu Heri Sudaryanto mengatakan arus kendaraan yang melintas di simpang tiga Ajibarang pada Minggu (2/6) pagi mengalami peningkatan.

"Namun situasi tetap kondusif, lancar, aman, dan terkendali. Khusus untuk kendaraan roda dua dan empat memang terjadi peningkatan arusnya jika dibanding dengan hari-hari biasa," katanya.

Ia mengatakan berdasarkan pantauan di lapangan, arus mudik didominasi sepeda motor yang datang dari arah Brebes atau Jakarta menuju Kebumen atau Purwokerto.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Live Streaming

Powered by