Kedekatan Ani Yudhoyono dengan Sultan dan Raja se-Indonesia

Oleh Liputan6.com pada 02 Jun 2019, 11:00 WIB
Kedatangan Jenazah Ani Yudhoyono di Halim Perdanakusumah

Liputan6.com, Tanjung Pinang - Kristiani Herrawati yang akrab disapa Ani Yudhoyono selama masa hidupnya dekat dengan sultan dan raja. Hal itu diungkapkan Wakil Ketua Forum Silahturahmi Keraton se-Nusantara, Huzrin Hood.

"Perhatian Ibu Ani kepada kami cukup besar, setiap tahun kami diundang ke Istana Negara ketika SBY masih menjabat sebagai Presiden RI," ujarnya saat dihubungi Antara di Tanjungpinang, Sabtu 1 Juni 2019.

Huzrin sejak tadi siang berada di Singapura. Ia ikut melepas keberangkatan rombongan yang membawa jenazah Ani Yudhoyono di Bandara Militer Paya Lebar Singapura.

"Selama beberapa kali pertemuan, Ibu Ani Yudhoyono selalu menganggap saya sebagai teman lama. Karena itu, saya hadir menyaksikan dan mendoakan almarhum di Singapura," katanya.

Tokoh pejuang pembentukan Provinsi Kepulauan Riau itu menceritakan momentum yang paling berkesan ketika SBY pada periode pertama memimpin Indonesia. Saat itu, seluruh sultan dan raja daerah diundang ke Istana Negara.

"Saat kami berada di Bali mengikuti acara Musyawarah Agung, Ibu Ani Yudhoyono meminta kami ke Istana Negara. Beliau carter dua pesawat untuk membawa kami ke Jakarta, kemudian kembali lagi ke Jakarta setelah berbincang-bincang dengannya dan Pak SBY," ucapnya, yang juga mantan Bupati Kepri (sekarang Bintan).

2 of 2

Hadiah dari Ani Yudhoyono untuk Raja dan Sultan

Kebersamaan Ani Yudhoyono Mendampingi SBY Menjabat Presiden
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) duduk bersama istri, Ani Yudhoyono usai menyampaikan pidato dalam kunjungan kenegaraan di Istana Westminster, London, Inggris, 1 November 2012. (AFP PHOTO/POOL/Oli Scarff)

Sejumlah pertemuan dengan Ani Yudhoyono selalu menimbulkan kesan. Ketulusan hati Ani Yudhoyono dalam menjamu para tamu sangat nampak.

Ibu Negara RI periode 2004-2014 tersebut tidak menunjukkan sebagai "orang besar" di Istana Negara sehingga lebih akrab dengan tamu-tamunya.

Ibu Ani juga menyukai budaya daerah, seperti pakaian adat yang dikenakan para raja dan sultan, yang tergabung dalam Forum Silahturahmi Keraton se-Nusantara.

"Kami selalu membawa souvenir (hadiah) yang berisi baju adat, bahan batik, makanan daerah dan bibit pohon. Ini kami bawa pulang," ujarnya.

Huzrin mengatakan Ani juga pernah ke Bintan setelah tidak lagi sebagai Ibu Negara. Ani selalu mendampingi suami, termasuk ke Bintan. Ani menyukai makanan laut di Bintan sama seperti SBY.

"Ibu Ani itu sosok yang perhatian terhadap suaminya. SBY begitu besar mendapat perhatian dari Ibu Ani," tuturnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by