Sukses

Mau Matahari Terbit di Pantai Bira? Berjuanglah!

Pantai Bira merupakan salah satu destinasi unggulan di Kabupaten Bulukumba, Sulsel

Liputan6.com, Bulukumba Selain memiliki beragam budaya unik, Kabupaten Bulukumba merupakan salah satu daerah di Sulsel yang juga dikenal karena destinasi wisatanya yang sangat menakjubkan. Salah satunya keberadaan Pantai Bira.

Pasir putih yang sangat lembut dan air yang begitu jernih, menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara kerap bertandang ke Pantai Bira meski jarak tempuh ke sana terbilang sangat jauh dan cukup melelahkan.

Lodi (29), putra daerah asal Kabupaten Bulukumba mengaku jika Pantai Bira merupakan salah satu destinasi wisata paling diunggulkan di daerah kelahirannya tersebut.

"Para wisatawan dijamin bakal betah ketika berada di Pantai Bira. Mereka bisa berendam bahkan menyelam dan menikmati pasir putihnya yang lembut," kata Lodi, Sabtu 1 Juni 2019.

Para wisatawan yang berdatangan, kata dia, tak hanya dimanjakan oleh panorama alam bawah laut Pantai Bira. Melainkan keramahan warga setempat pun membuat mereka menjadi betah.

"Di sepanjang Pantai Bira juga banyak pondok penginapan milik warga yang disewakan dengan harga yang sangat terjangkau," tutur Lodi.

Kebanyakan wisatawan lokal maupun mancanegara yang memilih menginap di kawasan Pantai Bira, selain ingin mengabadikan potret alam Pantai Bira di pagi hari hingga detik-detik terbenamnya matahari, juga ada yang memanfaatkan pemandangan alamnya sebagai latar foto praweding bagi mereka yang hendak melangsung pernikahan.

"Pemandangan Pantai Bira memang sangat cantik. Selain keberadaan pasir putih tadi, juga ada bukit karang di sepanjang pantainya. Apalagi keindahan bawah lautnya. Dijamin bakal ketagihan ingin berlama-lama di sini," ujar Lodi.

Pasir putih yang berada di sepanjang bibir Pantai Bira, tak hanya dimanfaatkan oleh wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung untuk tidur-tiduran. Ada diantara mereka bahkan menyakini manfaat lain dari pasir putih Pantai Bira yang alami tersebut.

"Mereka yakini kalau luluran pakai pasir putih Pantai Bira, tubuhnya bisa kinclong dan putih. Jadi biasanya banyak yang luluran alami bahkan ada yang membawa pulang segempok pasir putih yang ada di sini," ungkap Lodi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Petunjuk Arah

Untuk menuju ke Pantai Bira, anda bisa menempuhnya dengan memulai dari kabupaten Bulukumba yang berjarak sekitar 40 km atau 200 km dari Kota Makassar.

Bagi masyarakat yang berdomisili di Kota Makassar, bisa menggunakan transportasi umum travel dari Makassar ke Bulukumba dengan biaya 60.000 per orang. Karena letaknya yang lumayan jauh maka harganya pun setara.

Jika sudah sampai di Kabupaten Bulukumba, perjalanan selanjutnya bisa menggunakan mikrolet angkutan kota atau masyarakat setempat menyebutnya dengan sebutan pete-pete. Kendaraan angkot itu akan membawa anda langsung menuju ke Pantai Bira. Biaya yang dikenakan hanya 20.000 perorang.

Jaraknya yang lumayan jauh tentunya cukup menjenuhkan. Namun setelah tiba di Pantai Bira, dijamin rasa jenuh itu spontan akan sirna. Ditunggu yah kedatangannya di Pantai Bira.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.