Sukses

Jejak Ani Yudhoyono di Keraton Cirebon dan Kecintaannya dengan Batik Mega Mendung

Ani Yudhoyono terbilang sering berkunjung ke kawasan Pantura Cirebon hanya untuk belanja batik dan menikmati kuliner.

Liputan6.com, Cirebon - Ucapan duka terus mengalir atas meninggalnya istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono. Termasuk dari sejumlah tokoh dan perajin batik asal Cirebon.

Seperti diketahui, Ani Yudhoyono merupakan sosok ibu negara yang sangat mencintai batik. Ani Yudhoyono bersama keluarga kerap berkunjung ke Cirebon hanya untuk belanja batik.

"Iya terhitung sudah empat kali keluarga pak SBY berkunjung ke showroom kami sejak 2004. Pernah satu keluarga belanja di sini tahun 2015," kata perajin batik EB Cirebon, Edi Baredi, Sabtu (1/6/2019).

Edi Baredi mengatakan, Ani Yudhoyono memilih batik sesuai ciri khas daerah. Di Cirebon, Ani Yudhoyono banyak mengambil batik desain Mega Mendung dengan latar kain warna biru khas Partai Demokrat.

Ani Yudhoyono juga dinilai tak melihat harga batik yang dijual oleh perajin. Sejauh sesuai kemampuan dan menyukai desainnya, Ani Yudhoyono tak segan memborong banyak batik khas Cirebon itu.

"Lebih senangnya batik dengan latar warna biru. Bu Ani juga sering membawa tamu negara ke Cirebon seperti istri-istri menteri kabinet sampai duta besar," kata dia.

Cerita kenangan bersama Ani Yudhoyono juga dialami Sultan Keraton Kasepuhan Cirebon PRA Arief Natadiningrat. Tahun 2004 adalah pertemuan pertama Sultan Arief dengan Ani Yudhoyono.

Bersama Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono datang ke Keraton Kasepuhan Cirebon untuk memohon doa restu terkait pencalonan SBY menjadi presiden.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesenian Cirebon

"Setelah Pak SBY menjadi presiden kami sering bertemu di acara kenegaraan baik di Istana Negara maupun di luar istana. Kebetulan saya 5 tahun sebagai anggota MPR RI dan DPD RP periode 2004-2009," kata dia.

Sultan Arief mengaku, Ani Yudhoyono terbilang sering berkunjung ke Cirebon. Kunjungan Ani Yudhoyono saat itu bersama istri-istri menteri dan istri dubes.

Rombongan Ani Yudhoyono berkunjung menggunakan kereta api gerbong kereta wisata. Dia mengaku, Ani Yudhoyono merupakan sosok yang sangat mencintai batik.

"Tiap ke Cirebon apa pun agendanya pasti selalu menyempatkan diri beli batik. Beliau sosok yang mengayomi ramah baik dan tidak sombong. Kami kehilangan sekali sosok Bu Ani," kata dia.

Menurut Sultan Arief, sosok Ani Yudhoyono sangat cinta dengan Cirebon. Ani rela pulang pergi Cirebon hanya untuk belanja batik serta menikmati kuliner Cirebon.

"Empal gentong dan nasi jamblang juga Bu Ani suka sekali. Pernah ikut menyaksikan pagelaran sendra tari di taman wisata budaya Sunyaragi Cirebon dan beliau sangat mengagumi kesenian dan sejarah Cirebon," kata dia.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.