Sukses

3 Kecelakaan Beruntun Terjadi di Tol Pemalang

Kecelakaan diduga dipicu oleh tingginya volume kendaraan dan kecepatan tinggi kendaraan yang melintas di tol Pemalang ini

Liputan6.com, Pemalang - Tiga kecelakaan beruntun terjadi dalam arus mudik lebaran 2019 di ruas Tol Pemalang Batang Tol Road atau PBTR hanya dalam rentang tiga jam sejak pukul 12.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, Kamis sore, 30 Mei 2019.

Akibat kecelakaan ini, arus lalu lintas di tol sempat tersendat dan berdampak hingga ruas Tol Pejagan-Pemalang. Kapolres Pemalang, AKBP Kristanto Yoga Darmawan mengatakan kecelakaan diduga dipicu oleh tingginya volume kendaraan dan kecepatan tinggi kendaraan yang melintas di tol Pemalang ini.

Akibatnya, saat satu kendaraan mengalami kecelakaan, kendaraan di belakangnya tak sempat mengerem sehingga terjadi kecelakaan beruntun. Akibatnya, sejumlah kendaraan rusak.

“Ada tiga kecelakaan, beruntun ya, di ruas jalan tol PBTR antara pukul 12.00 WIB siang tadi, hingga pukul 15.00 WIB, sore tadi. (penyebabnya) cukup deras (padat), yang kecepatannya juga cukup tinggi,” ucapnya, Kamis malam.

Kecelakaan di Jalan Tol Pemalang tersebut tak sampai menyebabkan korban jiwa. Namun, pemilik kendaraan rugi akibat rusaknya kendaraan.

Hingga Kamis tengah malam, belum diperoleh data mengani jumlah kendaraan yang rusak akibat kecelakaan ini. Sebab, yang menangani adalah Polisi Jalan Raya (PJR) Tegal. Informasi yang diperolehnya, sejumlah kendaraan melanjutkan perjalanan lantaran hanya rusak ringan.

“Beberapa kecelakaan hanya menyebabkan kerugian materiil,” ucap Kapolres.

Kristanto juga mengatakan, akibat kecelakaan di jalan tol ini, arus lalu lintas sempat tesendat atau macet. Sebab, jumlah kendaraan yang dievakuasi cukup banyak. Usai evakuasi, lalu lintas kembali berjalan normal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kendaraan di Tol Pejagan-Pemalang Nyaris Tak Bergerak

“Kami dari Satlantas Polres Pemalang berkoordinasi dengan PJR dan PBTR, mempercepat proses derek. Karena tadi, cukup banyak melibatkan kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun,” dia menerangkan.

Untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas, dia mengimbau agar pengemudi kendaraan tidak memacu kendaraan melebihi batas kecepataan. Saat sudah lelah, pengemudi diminta untuk segera beristirahat.

Kepolisian juga telah membentuk tim patroli yang menyisir bahu-bahu jalan Tol ruas Pejagan-Pemalang. Ini dilakukan agar jika terjadi masalah lalu lintas, petugas bisa melakukan tanggap darurat secara cepat.

Dia juga mengklaim, kepolisian telah berkoordinasi dengan PJR dan PBTR untuk menambah penerangan lampu penerangan atau PJU.

Kristanto mengemukakan, mulai hari ini terjadi peningkatan volume kendaraan yang cukup signifikan. Namun, diperkirakan puncak arus mudik di Tol Pemalang terjadi pada Minggu (2/5/2019).

Sementara di sisi barat tol PBTR, lalu lintas terpantau padat malam ini. Bahkan di ruas tol Pejagan-Pemalang, kendaraan pemudik cenderung tak bergerak.

"Tol Pejagan - Pemalang lalinnya padat merayap cenderung berhenti," tulis @rudipane, yang dikutip Liputan6.com, Kamis (30/5/2019).

Selain di ruas tersebut, kemacetan juga terjadi di lokasi lain. "Lalin macet di Tol Brebes," tulis @Donynugroho.

Untuk lokasi pintu tol Palimanan arah Kanci, terpantau ramai lancar. Dan masih diberlakukan one way traffic.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.