Jalur Mudik Alternatif Jika Lintas Padang-Bukittinggi Macet

Oleh Liputan6.com pada 29 Mei 2019, 18:00 WIB
Ilustrasi GPS untuk mudik

Liputan6.com, Padang - Mengantisipasi terjadinya kemacetan panjang saat mudik lebaran di jalur Padang-Bukittinggi di Pasar Koto Baru, Kepolisian Resor Kota Padang Panjang telah menyiapkan satu jalur alternatif. 

"Kendaraan akan diarahkan ke jalur alternatif jika kondisi di sekitar pasar sudah terlalu padat dan arus kendaraan terhambat," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Padang Panjang Iptu B Mendrofa dikutip Antara, Rabu (29/5/2019).

Jalur alternatif untuk menghindari Pasar Koto Baru, yakni melewati Simpang Pandai Sikek dan keluar di Simpang Haji Miskin dengan jarak tempuh sekitar lima kilometer. Jalan di jalur tersebut tergolong kecil sehingga akan kesulitan jika ada kendaraan berselisih jalan.

Sebagai langkah antisipasi, Polres Padang Panjang membuka jalur alternatif hanya untuk dilalui kendaraan dari arah Padang menuju Bukittinggi, sedangkan kendaraan dari arah Bukittinggi menuju Padang tetap melewati Pasar Koto Baru.

"Jalur alternatif digunakan hanya jika arus di Pasar Koto Baru sudah terhambat. Jika jalan alternatif digunakan nanti arus di Pasar Koto Baru hanya searah dari Bukittinggi menuju Padang," kata dia.

Pihaknya juga memasang 'road barier' di sisi jalan di pasar tersebut agar aktivitas jual beli dan bongkar muat barang dagangan tidak sampai masuk badan jalan karena bisa mengganggu arus lalu lintas kendaraan umum.

"Di Pasar Koto Baru juga ada satu unit pos pengamanan yang kami sediakan. Petugas akan siaga di titik rawan macet ini membantu mengatur lalu lintas," ujar dia.

 

Simak juga video pilihan berikut ini: