Sepak Terjang Qari Syamsuri Firdaus hingga Jadi Pemenang MTQ Internasional

Oleh Hans Bahanan pada 27 Mei 2019, 16:38 WIB
Bikin Bangga, Qari Asal Lombok Juara MTQ Internasional di Turki

Liputan6.com, Mataram - Syamsuri Firdaus, qari muda asal Bima, Nusa Tenggara Barat yang menjadi pemenang ajang Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ Internasional ke-7 di Turki, ternyata diketahui memiliki bakat menjadi pembaca Alquran sejak kecil.

Informasi yang berhasil dihimpun Liputan6.com, Syamsuri Firdaus tercatat tiga kali berturut-turut menjadi juara MTQ dari berbagai tingkat.

Kemenangan pertama kali dia raih saat berlaga di panggung MTQ Nasional di Ambon, tepatnya pada tahun 2012. Pada usianya yang saat itu masih 14 tahun, Syamsuri memenangkan juara satu pada ajang tersebut.

Menyusul setelahnya, juara 1 MTQ Internasional yang diselenggarakan di Singapura pada 2013. Terakhir, MTQ Internasional di Turki.

Syamsuri Firdaus berasal dari keluarga yang kurang mampu. Hal ini terlihat dari tercatatnya, pemuda kelahiran Sila, 11 April 1999 itu sebagai mahasiswa program Bidik Misi pada jurusan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Indonesia. Program yang diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki kendala ekonomi.

 

 

2 of 2

Harapan Orangtua Syamsuri

Sepak Terjang Syamsuri Firdaus, Qari Muda Pemenang MTQ Internasional
Abdullah Ahmad dan Dahlia Arahman, orangtua Syamsuri Firdaus, qari asal Bima pemenang MTQ Internasional. (Liputan6.com/Hans Bahanan)

Keberhasilan Syamsuri diapresiasi penuh oleh Gubernur NTB, Zulkieflimansyah. Bahkan, Gubernur akan memberikan hadiah umrah kepada kedua orangtua Syamsuri, Abdullah Ahmad dan Dahlia Arahman.

Selain itu, sebagai ucapan terima kasih karena telah mengharumkan nama bangsa di kancah internasional, Syamsuri juga akan diberikan tabungan pendidikan senilai Rp25 juta.

"Kita akan mengapresiasi ini. Insya Allah akan kita berikan hadiah umrah gratis bersama kedua orangtuanya. Kita juga akan memberikan tabungan pendidikan sebesar 25 juta rupiah," kata Gubernur Zulkieflimansyah, Senin (27/5/2019).

Spontan, kedua orangtua Syamsuri bersujud syukur setelah mendapat hadiah. Namun, mereka juga meminta agar Syamsuri bisa istikamah dan berprestasi di bidang agama.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓