Sukses

Catat Jadwal 3 Ajang Olahraga Internasional di Sumatera Selatan Tahun Ini

Tiga even olahraga internasional akan digelar di Sumatera Selatan tahun ini.

Liputan6.com, Palembang - Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang dikenal sebagai salah satu lokasi even olahraga Asian Games 2018, kembali dipercaya menjadi tuan rumah tiga even olahraga internasional.

Tiga even yang akan digelar pada tahun 2019 ini yaitu Motocross MXGP, Bowling World Cup 2019, Ranau Pondoh Internasional. Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, Motorcross MXGP akan diselenggarakan pada tanggal 7 Juli 2019.

“Even internasional lainnya yaitu Bowling World Cup 2019 pada bulan November 2019 dan Ranau Pondoh pada bulan Desember 2019,” ujarnya, Rabu (22/5/2019).

Sumsel ditunjuk sebagai tiga even internasional, diakui mantan Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur secara dadakan.

Terlebih dana untuk penyelenggaraan tiga even internasional ini memang tidak masuk dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sumsel.

“Motorcross MXGP 2019 awalnya digelar di Kota Semarang, tapi akhirnya dipindahkan ke Sumsel. Even ini akan diikuti peserta dari 28 negara,” katanya.

Untuk even Ranau Pondoh Internasional yang akan digelar di Kabupaten OKU Selatan akhir tahun mendatang. Pengunjung yang akan datang juga dipredikasi meningkat, sama seperti Tour de Singkarak yang terkenal di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Gubernur Sumsel juga meminta pihak perbankan di Sumsel untuk mendukung kesuksesan even internasional ini.

Orang nomor satu di Sumsel ini, mengundang lima pimpinan bank swasta nasional dan bank daerah ke Griya Agung, yaitu dari BRI Palembang, Bank Mandiri Region Sumatera 2, Bank Sumsel Babel, CEO BNI Kanwil Palembang dan Kanwil BCA Palembang.

“Ada banyak wisatawan yang akan ke Sumsel. Saya harapkan ini bisa dimanfaatkan oleh perbankan, untuk ikut terlibat ambil bagian, “ ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesuksesan Pangkal Pinang

Dia tidak menampik kerjasama Pemprov Sumsel dan sejumlah perbankan di Sumsel, sudah berjalan baik. Namun khusus tiga even internasional ini, Herman Deru mengharapkan agar perbankan bisa lebih memprioritaskan kerjasama ini.

"Saya ingin semuanya terlibat, ini murni olahraga dan pertanggungjawabannya juga akuntable. Apalagi acara ini pasti ramai karena Motorcross MXGP sangat digemari masyarakat,” katanya.

Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) bidang Ekonomi dan Perbankan Asfan Fikri Sanaf mengatakan, even berskala internasional tersebut sangat berpotensi mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Sumsel.

Salah satu contohnya yaitu Kota Pangkal Pinang Kepulauan Bangka, yang sudah dua kali menjadi tuan rumah.

"Pangkal Pinang sudah membuktikannya. Menurut Bank Indonesia, agenda itu bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi sampai dua persen,”ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini