Pesan Aa Gym: Hentikan Kerusuhan, Jaga Kerukunan Bangsa

Oleh Liputan6.com pada 22 Mei 2019, 20:00 WIB
Diperbarui 24 Mei 2019, 02:15 WIB
Capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga bertemu Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym.

Liputan6.com, Bandung - Menanggapi kerusuhan di Jakarta, Ulama kondang Jawa Barat Abdullah Gymnastiar yang akrab disapa Aa Gym meminta kepada seluruh pihak untuk menghentikan tindakan yang bisa memecah belah bangsa.

"Hentikan, mohon hentikan segala kekerasan dari pihak manapun. Kekerasan, kerusuhan hanya akan menimbulkan masalah yang lebih buruk, kerusakan dan kehancuran bagi negeri ini," kata Aa Gym di Bandung, Rabu.

Dia mengatakan sesama saudara dan anak bangsa harus saling menjaga keutuhan bangsa Indonesia yang ia sebut sebagai rumah. Apalagi saat ini masih dalam suasana bulan Ramadan.

"Sungguh memilukan telah terjadi kerusuhan di antara kita, di negeri yang kita cintai, di bulan suci," kata dia.

Dia mengimbau kepada seluruh pihak untuk menahan diri dengan berpikir secara jernih dalam menanggapi keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Selain itu dia mengatakan bahwa masyarakat jangan terprovokasi oleh informasi yang belum tentu kebenarannya.

"Jangan pernah terprovokasi dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab, yang menginginkan negeri ini hancur-hancuran," katanya.

Sementara itu kepada para tokoh-tokoh masyarakat, ia harap mereka agar bisa berembuk untuk meredam ketegangan sebelum menelan korban jiwa lebih banyak.

"Saudaraku, kita selesaikan bersama Insya Alloh dengan cara-cara yang benar, dalam koridor benar, konstitusional," katanya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini: