Sukses

Gempa Magnitudo 4,1 Guncang Kaimana Papua

Berdasarkan data yang diperoleh dari Stasiun Geofisika BMKG Sorong menyebutkan bahwa pusat gempa bumi terletak di koordinat 4.36 Lintang Selatan dan 134.48 Bujur Timur di laut.

Liputan6.com, Sorong - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 4,1 mengguncang Kabupaten Kaimana, Papua Barat, Rabu pukul 15.55 WIT dan tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Stasiun Geofisika BMKG Sorong menyebutkan bahwa pusat gempa bumi terletak di koordinat 4.36 Lintang Selatan dan 134.48 Bujur Timur di laut yang berjarak 110 km tenggara Kaimana dengan kedalaman 56 km.

Ditinjau dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat sesar aktif.

Gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami karena kekuatannya tidak cukup besar untuk membangkitkan perubahan di dasar laut yang dapat memicu terjadinya tsunami.

Hingga kini, hasil monitor BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.