Sultan HB X: Pendukung Jokowi Harus 'Tepo Seliro', Prabowo Tetap Bersikap Ksatria

Oleh Liputan6.com pada 22 Mei 2019, 09:50 WIB
Sri Sultan HB X

Liputan6.com, Yogyakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Dari hasil penghitungan suara, pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin unggul dari pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Melihat hasil tersebut, Sultan Hamengku Buwono X mengucapkan selamat kepada pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin. Namun, dia berpesan agar pendukung pasangan 01 ini tidak berlebihan dalam merayakan kemenangan.

"Diharapkan agar para pihak menginsiasi rekonsiliasi untuk mendinginkan suasana kebatinan para pendukungnya, dengan penuh lapang dada guna menjaga persatuan bangsa. Bagi pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, diucapkan selamat dengan teriring harapan bagi para pendukungnya agar merayakannya dengan tepo seliro, jangan seperti layaknya sebuah kemenangan perang," ujar Sultan HB X dalam video resminya, Rabu (22/5/2019).

Sultan HB X pun mengharapkan agar pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno bisa bersikap ksatria. Serta bisa mengajak pendukungnya untuk tidak melakukan hal-hal yang bisa mengganggu proses pendewasaan demokrasi bangsa Indonesia.

"Sedangkan bagi pasangan Prabowo-Sandiaga Uno amat diharapkan agar tetap mengedepankan sikap ksatria. Kalaupun masih dirasa ada keberatan, hendaknya ditempuh melalui jalur hukum, dengan dukungan bukti-bukti yang sah dan meyakinkan. Dengan harapan lanjut, tidak membawanya ke ranah demokrasi jalanan karena hal ini akan menjadi penghalang percepatan pendewasaan demokratisasi kita," dia menegaskan.

Sultan HB X pun menyampaikan kepada masyarakat DIY agar memperkuat persatuan yang mungkin sempat renggang pada masa Pemilu 2019. Selain itu, masyarakat DIY juga diharapkan bisa kembali hidup rukun.

"Adapun bagi warga masyarakat DIY, saya berharap dengan penuh kepercayaan mengeratkan kembali kohesi sosial," Sultan menandaskan.